Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI BELITUNG BUKA BELITUNG EXPO 2019, JUMLAH UKM MENINGKAT TAJAM SEJAK PERTAMA DIGELAR

Bupati Belitung Sahani Saleh memukul gong tanda dibukanya
Belitung Expo 2019, Senin (1/7/2019).
SatamExpose.com/Faizal


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Bupati Belitung H Sahani Saleh S.Sos membuka secara resmi kegiatan Belitung Expo 2019 di kawasan wisata Pantai Tanjungpendam, Senin (1/7/2019) ditandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan rutin yang digelar Pemkab Belitung melalui Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung ini untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-181.

Belitong Expo yang digelar hingga 5 Juli mendatang ini merupakan upaya pemerintah mempromosikan produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) setempat.




Selain itu juga  sebagai ajang menunjukkan hasil olahan kreatif dari masyarakat untuk masyarakat, supaya lebih mengenal apa yang dibangun oleh Pemkab Belitung selama ini.

Foto bersama Bupati Belitung, Wagub Babel serta
Forkopimda Belitung saat Belitung Expo 2019.
SatamExpose.com/Faizal


Setidaknya 100 stan yang terdiri dari UKM unggulan setiap kecamatan yang ada serta peserta dari luar Belitung menunjukkan berbagai produk kreatif dan kulinernya masing-masing.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, tujuan lain kegiatan ini untuk memotivasi masyarakat untuk berkarya dalam hal pengembangan ekonomi kreatif UKM.

Ia berharap masyarakat setempat yang mengunjungi pameran ini tidak melihat melihat hiburan saja, melainkan juga mencari ide kreatif dengan melihat produk-produk yang dipamerkan. Sehingga bisa memulai kreativitasnya sendiri.




“Masyarakat juga termotivasi untuk berkarya dalam hal pengembangan ekonomi kreatif usaha kecil dan menengah. Jadi tidak semata-mata berharap lapangan pekerjaan, tapi juga memiliki keahlian berkreasi,” kata Sahani Saleh.

Belitung Expo kali pertama dimulai pada 2013 lalu. Kegiatan ini dinilai bisa merangsang pertumbuhan UKM Belitung hingga sembilan kali lipat dari yang ada sebelumnya. Saat ini pelaku UKM sudah mencapai 18 ribu.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sanem ini, menggarapkan agar acara Belitung Expo ini dapat membawa dampak positif bagi pelaku UKM dan dapat terbentuknya komunikasi antara pengusaha dan pemerintah daerah.




“Mesin lokomitif pariwisata itu sebetulnya, jadi tenaga kerja dalam hal pariwisata ini berbagai macam persyaratan-persyaratan banyak hal lah, terutama skill-nya, SDM-nya (Sumber Daya Manusia), kemampuan Bahasa Inggris salah satu hal yang mungkin lebih dari persyaratan lain,” kata Sahani Saleh kepada SatamExpose.com.

Foto bersama Bupati Belitung, Wagub Babel
dan Sekda Belitung serta ASN.
SatamExpose.com/Faizal

Menurut pria yang akrab disapa Sane mini, pemda sudah banyak melakukan upaya untuk membangun sektor pariwisata. Diantaranya kegiatan Belitung Expo ini. Menurutnya kegiatan ini sebagai salah satu promosi untuk UKM maupun pariwisatanya.

“Ada peran-peran yang lain yang harus kita manfaatkan dalam pengembangan lokomotif pariwisata itu salah satu kreatif tadi, disitu seharusnya kita berinisiatif sekarang sudah terlihat karena ada Expo itu,” beber Sanem.

Hadir juga dalam pembukaan Belitung Expo 2019 ini Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah serta seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Belitung. (ikl/fg6)