Ticker

6/recent/ticker-posts

TUMBUH LIAR DI ANTARA TANAMAN SINGKONG DAN TALAS, BUNGA RAFFLESIA INI TARIK MINAT WARGA UNTUK MELIHAT

Rafflesia Arnoldii. KabarBabel.com/Hairul

SUNGAILIAT, SATAMEXPOSE.COM – Warga Lingkungan Sri Menanti, Sungailiat, Bangka dihebohkan penemuan Bunga Rafflesia Arnoldii. Bunga yang pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu ini tumbuh liar diantara tanaman singkong, talas dan durian.


Bunga yang familiar disebut Bunga Bangkai karena menimbulkan aroma yang busuk ini pertama kali ditemukan anak kecil yang sedang bermain di sekitar lokasi. Lalu, menceritakan ke orang tuanya.


Warga setempat Deva menceritakan, karena penasaran dirinya langsung mendatangi lokasi yang kebetulan berada di samping rumah orang tuanya. Hari itu juga langsung membersihkan rumput di sekitar tumbuhan bunga ini.


“Kita tidak memindahkan bunga Rafflesia itu ke tempat lain. Akan tetapi membiarkannya tumbuh dengan menjaga keberlangsungan tanaman langka ini. Kalau dipindahkan ditakutkan nantinya akan mati. Jadi biarkan saja bunga itu tumbuh seperti diawalnya,” ujar Deva, Kamis (17/12/2020).


Sukma, warga lainnya menambahkan Bunga Bangkai tersebut sudah tumbuh sekitar seminggu yang lalu, sehingga kini bunga tersebut sudah terlihat seperti layu.


“Beberapa hari ini, banyak orang-orang yang berdatangan melihat bunga dan berfoto-foto disini. Dan memang sebelumnya bunga ini masih kelihatan segar dan kini sudah kelihatan seperti layu,” tandas Sukma. (kbc/als)