Juni 12, 2019

PASCA SAMPAN TERBALIK, FORKOPIMDA DAN PELAKU WISATA KAMPANYEKAN KEAMANAN TRANSPORTASI LAUT

Foto bersama kampanye keamanan
 transportasi laut. IST

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM - Seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Belitung beserta para pelaku wisata melakukan rangkaian kegiatan "Kampanye dan Keamanan Moda Transportasi Laut" di Tanjung Kelayang, Belitung, Selasa (11/6/2019).

Kegiatan dilakukan pasca terbaliknya sampan yang menyebabkan meninggalnya seorang wisatawan di perairan Pulau Lengkuas, Sabtu (8/6/2019) sore lalu.  




Dalam kesempatan ini, Bupati Belitung Sahani Saleh menyampaikan, bahwa kampanye ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dari para pelaku pariwisata khususnya saat penggunaan moda transportasi untuk menjangkau wisata pulau.

Baca : Sampan Melebih Kapasitas, Rozali Meregang Nyawa
Baca : Sampan Terbalik, Isyak Sebut Kapal Tidak Standar
Baca : Balita 2,5 Tahun Selamat Dalam Tragedi Sampan Terbalik, Ini Kronologinya !

Hal ini diharapkan bisa menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti beberapa waktu lalu.

Selain itu, bupati juga mengimbau kepada seluruh wisatawan agar mengikuti apa yang sudah ditetapkan dan diatur oleh pemkab selama ini. 




Salah satunya adalah bagi wisatawan yang ingin melalukan wisata pulau agar dapat mengakses melalui pintu gerbang yang sudah disediakan, yaitu Tanjung Kelayang. 

"Itu (kapal kecelakaan laut) ilegal, di luar konteks kami. Nah kami tidak ingin masyarakat semena-mena membawa wisatawan, karena ini berhubungan dengan keamanan, dan keselamatan wisatawan, nah itu yang harus dijaga," kata Sanem saat jumpa pers di Pulau Lengkuas, Selasa (11/6/2019).




Disisi lain, disampaikan oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bahwa saat ini pemkab sedang mempersiapkan sebuah regulasi yang akan dituangkan dalam Peraturan Bupati yang mengatur perihal Standar Prosedur Operasional (SOP) wisata pulau bagi pelaku wisata dan wisatawan di Kabupaten Belitung. 

"Dengan adanya Perbup ini nantinya diharapkan seluruh aspek dapat menikmati keindahan wisata pulau di Belitung dengan aman dan nyaman," tandas Isyak. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.