Ticker

6/recent/ticker-posts

SAMPAN TERBALIK, ISYAK SEBUT KAPAL TIDAK STANDAR

Polres Belitung saat meninjau kondisi kapal. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Terkait laka laut yang memakan korban jiwa di perairan sekitar Pulau Lengkuas, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dalam Group Whatsapp Belitung Media Team (6/8) sebut kapal tidak memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur,red). 

Ia juga mengatakan para penumpang tersebut bukan wisatawan Nusantara yang biasa menyewa kapal secara resmi yang berada di Pantai Tanjung Kelayang.




"Mereka menggunakan kapal nelayan jadi tidak sesuai SOP, karena mereka tidak melalui pantai resmi keberangkatan jelas tidak memenuhi standar," kata Isyak dalam grup Whatsapp.
Ditambahkannya, keseluruh penumpang tersebut berangkat dari Tanjung Binga bukan Tanjung kelayang (Pusat kapal wisata) dan tidak terdaftar sebagai anggota paguyuban perahu/kapal wisata setempat. 

Saat ini, Pemkab Belitung terus melakukan pendataan dan penerbitan.
"Pemkab Belitung telah melakukan rapat koordinasi beberapa kali untuk persiapan pemberlakuan SOP. Bagi angkutan wisata laut di perairan Belitung, salah satunya adalah menertibkan setiap kapal wisata yang tidak berijin dan memastikan semua standar terpenuhi," pungkasnya.




Sementara itu, Pemkab Belitung memastikan semua korban akan ditangani dengan baik dan intensif untuk mendapatkan perawatan maksimal. (fg6)