Ticker

6/recent/ticker-posts

MISTERI BUNYI DENTUMAN DAN GETARAN YANG DIRASAKAN WARGA BELITUNG

Ilustrasi Meteor Jatuh.
(Foto: Wikimedia Commons)

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Bunyi dentuman disertai getaran tanah dirasakan masyarakat Tanjungpandan, Belitung, Selasa (11/6/2019) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Bunyi dentuman terdengar sangat kecil seperti bersumber dari jarak yang jauh. Namun getaran yang ditimbulkan sangat dirasakan masyarakat.




Meski getaran hanya sesaat, namun rumah-rumah warga juga ikut bergetar. Atap rumah serta kaca jendela juga mengeluarkan bunyi getaran.

Belum diketahui pasti penyebab bunyi dentuman serta getaran yang dirasakan. Namun banyak spekulasi masyarakat terkait sumber getaran yang terjadi.
Salah satunya Wahyu Kurniawan, warga Desa Aik Ketekok, Tanjungpandan yang awalnya menyangka getaran tersebut diakibatkan suara guntur atau guruh.

Ia bergegas keluar rumah dan menganalisa cuaca. Namun mendapati langit cerah sesaat setelah getaran terjadi, sehingga menyimpulkan bukan guruh sebagai penyebabnya.




"Tapi langit cerah, bintang-bintang terlihat jelas. Ternyata bukan saya saja yang merasakannya," ujar Wahyu Kurniawan kepada SatamExpose.com.

Wahyu juga membagikan ceritanya ini di media sosial Facebook. Banyak komentar dari netizen terkait dentuman dan getaran yang dirasakannya.

"Seperti ledakan dan sedikit getaran mengguncang rumahku. Ampunilah dosa-dosaku ya Allah," kata Dodi Iskandar.




Bahkan ada masyarakat yang mengaku melihat sesuatu berwarna hijau terang jatuh ke bumi. Namun tak dapat dipastikan benda tersebut jatuh dimana.

"Tadi selepas maghrib ada benda hijau terang jatuh dari langit," sebut pria yang enggan disebutkan namanya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan terkait kerusakan yang timbul akibat peristiwa langka yang dialami warga ini. Pihak terkait juga belum mengeluarkan statement resmi. (als)