Ticker

6/recent/ticker-posts

PENDATANG BARU GOYANG KURSI PETAHANA, PSI REBUT DUA KURSI DPRD BELITUNG


Belitung|Satamexpose.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung telah menyelesaiakan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Belitung pada Sabtu (2/3) lalu.

Selain tiga parpol yang ercatat meraup suara terbanyak yakni, PDI Perjuangan dengan 14.773 suara, Partai Nasdem meraih 10.901 suara dan Partai Golkar dengan mengumpulkan10.356 suara.

Dari hasil rekapitulasi itu diketahui Partai Solidaritas Indonesia sebagai pendatang baru 
memberi kejutan dengan perolehan dua kursi DPRD Kabupaten Belitung pada kontestasi Pileg 2024.  

Partai yang cenderung mengambil target partisipan kalangan anak muda, perempuan, dan lintas agama itu sukses mengunci dua kursi, yakni di daerah pemilihan Belitung 3 yang diraih oleh Jonathan Exel Harmandie, SM dengan perolehan suara 3 dan daerah pemilihan Belitung 4 yang diraih oleh Wyliyanto, SE.

Di bawah kendali Indra Setiawan mampu melampaui perolehan suara partai lama Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP dan PBB yang hanya meraih satu kursi.

"Kami menargetkan dapat meraih tiga kursi DPRD Belitung pada Pemilu 2024," ujarnya sebelum pelaksanaan pemilu 2024 kepada wartawan .

Sementara itu, Sekretaris DPD PSI Kabupaten Belitung Febrina ketika dihubungi mengatakan capaian itu berkat kerja keras seluruh pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Belitung.

"Pastinya capaian ini akan menjadi evaluasi bagi kami di DPD PSI Belitung untuk bisa merebut lebih banyak kursi di parlemen kedepannya," ujarnya, Selasa (5/3).

Menurut Febrina, Pemilu 2024 merupakan pelajaran bagi DPD PSI dalam mengatur strategi dan sistem yg lebih baik dimasa mendatang.

"Kedepannya, ntuk mendulang suara tentunya kami akan mencari caleg ( Calon legislatif, red) dan dengan figur yang baik, dikenal dan juga bermodal," tambahnya.

Terkait pemilahan kepala daerah yang akan segera dilaksanakan, pihaknya memastikan akan segera memutuskan arah DPD PSI Belitung melalui keputusan pengurus.

"Dalam menatap Pilkada, tidak menunggu instruksi pusat, nanti itu keputusan pengurus DPD PSI Belitung," tandas Febrina. (ram)