Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI BELITUNG SERAHKAN REMISI UMUM HUT RI KE-78 TERHADAP 117 WBP LAPAS KELAS IIB TANJUNGPANDAN


Belitung|Satamexpose.com –  Bupati Belitung, Sahani Saleh didampingi Kalapas Tanjungpandan, Mahendra Sulaksana beserta unsur Forkopinda laksanakan penyerahan remisi umum hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke- 78 terhadap 117 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dan satu diantaranya menerima surat lepas menghirup udara bebas, Kamis (17/8).

Remisi umum yang diberikan setiap tanggal 17 Agustus merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak bagi narapidana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Mahendra Sulaksa mengatakan rangkaian peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun ini Kemenkumham memberikan remisi kepada 175.510 orang narapidana se-Indonesia.

Remisi tersebut menurutnya terbagi dalam dua kategori, yakni remisi umum I atau pengurangan sebagian masa tahanan sebanyak 172.904 narapidana dan remisi umum II atau langsung bebas untuk 2.606 narapidana.

“Di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan WBP yang menerima remisi sebanyak 117 orang dan satu diantaranya dinyatakan langsung bebas,” ujarnya.

Dirinya juga melaporkan kondisi terkini di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dengan situasi keamanan yang kondusif serta program pembinaan berjalan sebagaimana mestinya

“Saat ini jumlah WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan sebanyak 231 orang dengan kapasitas 121 orang. Alhamdulillah dapat kami laporkan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dalam kondisi aman dan kondusif, ini berkat sinergitas yang terbangun baik bersama APH maupun Pemerintah Daerah," kata Mahendra. 

Sementara itu, Bupati Belitung yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly berpesan kepada narapidana yang telah menghirup udara bebas setelah mendapat remisi HUT RI untuk tidak kembali menjadi menjadi WBP. 

"Cukup sudah beberapa tahun saudara kita bina, jadikan ini sebagai pelajaran berharga dalam hidupmu. Jadikan hidupmu punya arti dalam masyarakat, tunjukkan bahwa kamu adalah orang-orang yang telah berubah," tandasnya. (rls)