Ticker

6/recent/ticker-posts

LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL, PT TIMAH BANTU SUKSESI RITUAL MUANG JONG DIPANTAI MUDONG

Gambar : Ritual adat Muang Jong di Pantai Mudong, Manggar, Beltim.

 

Belitung Timur|Satamexpose.com – PT Timah Tbk mendukung pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal muang jong Suku Sawang yang digelar Jum’at(17/2) hingga Minggu(19/2) lalu di Pantai Mudong, Dusun Seberang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ritual pembuatan Jong (Miniatur perahu kayu, red) menurut Ketua Panitia Muang Jong, Palo haruslah dibuat menggunakan kayu bakil yang hanya bisa ditemukan di aera hutan tertentu dan kayu sisa pembuatan Jong mesti dibuang dengan cara dilarungkan ke laut bersamaan dengan melarung Jong, pada saat acara Muang Jong.

" Tahun ini kita buat 3 kapal, sebab beberapa tahun lalu kita tidak melaksanakan muang jong akibat pandemi Covid-19," kata Palo.

Menurutnya, adat muang Jong tak hanya sekedar tradisi adat budaya suku Sawang belaka, namun memiliki nilai-nilai penghormatan atas kearifan ajaran nenek moyang, yang mengingatkan untuk selalu bersyukur atas segala yang diterima.

"Jadi Muang Jong kali ini memerlukan biaya yang cukup tinggi," sebutnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi PT Timah Tbk membantu ikut melestarikan tradisi mereka. Pasalnya dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk ini mereka bisa membuat perahu dan mendukung kegiatan Muang Jong.

"Terima kasih kepada PT Timah Tbk telah membantu pelaksanaan muang jong ini, jadi acara ini hari Jumat, Sabtu, dan pagi Minggu," bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Selinsing, Harianto mengatakan, mereka mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan muang jong itu seperti Pemkab Beltim, PT Timah Tbk, dan masyarakat.

"Kegiatan kali ini sesuai kemampuan, tapi terlaksana dengan disambut antusias oleh masyarakat dan kepada PT Timah Tbk kami ucapkan terima kasih atas bantuannya sehingga acara nuang Jong ini terlaksana dengan sukses," tandasnya. (rls)