Ticker

6/recent/ticker-posts

GEMAWIRA GELAR BAZAR UMKM DI KAMPONG REKLAMASI PT TIMAH SELINSING

Gambar : Kegiatan bazar UMKM Gemawira yang dilaksanakan di Kampong Reklamasi PT Timah Tbk Selinsing.

 

Belitung Timur|Satamexpose.com – Kampong Reklamasi Selinsing, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dikelola PT Timah Tbk bersama BumDes Selinsing kembali diramaikan dengan bazar UMKM yang digelar oleh Gerakan masyarakat wirausaha (GEMAWIRA) Kabupaten Belitung Timur sejak tanggal 10 hingga 12 Februari 2023.

Selain Bazar UMKM juga digelar perlombaan bagi anak-anak seperti lomba mewarnai, melukis dan fashion show.

Ketua Gemawira Belitung Timur Bambang Suherly mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan pihak mendukung dan bersyukur acara bazar itu bisa berjalan lancar hingga malam penutupan.

"Kami mewakili pengurus mengucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk telah mengizinkan memberi tempat untuk pelaksanaan Bazar ini dan juga Bumdes Selinsing telah membantu," Kata Bambang Suherly, Senin(13/2).

Menurutnya, antusias pengunjung sangat luar biasa dan tercatat omset selama dua hari pelaksanaan sekitar Rp. 82 juta dari total 45 stand yang ikut.

"Hari ini juga ramai dan padat, jika kita hitung rata-rata Rp. 40 juta sehari selama tiga hari ini sekitar Rp 120 juta," sebutnya.

Kedepan pihaknya akan menggelar bazar UMKM disetiap kecamatan di Kabupaten Belitung Timur nantinya agar bisa UMKM naik kelas dan menambah omset mereka.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Kabupaten Belitung Timur, Sayono memberikan apresiasi atas terlaksananya bazar UMKM Gemawira Beltim, dalam merayakan HUT Gemawira Beltim pertama dan Hari Jadi Beltim ke-20.

"Semoga acara ini mendapatkan hasil yang diharapkan dan UMKM Beltim bisa meningkat sebagai salah satu penggerak ekonomi," katanya.

Senada, Kepala Desa Selinsing Harianto mengapresiasi, bazar UMKM Gemawira dilaksanakan di desa mereka, sebab UMKM berkumpul pada bazar itu.

"Jadi masyarakat bisa tahu apa saja produk yang diproduksi oleh UMKM ini dalam bazar UMKM ini," katanya.

Harianto juga berharap, event itu terus hadir di desa mereka, sebab kegiatan itu mampu menggerakan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bumdes Selinsing, Diky Apriansyah mengungkapkan pihaknya ikut dilibatkan sebagai pengelola Kampong Reklamasi oleh komunitas UMKM menjadi penyedia tempat.

Dipilihnya Agrowisata Kampong Reklamasi Selinsing sebagai lokasi Bazar UMKM, lomba dan fashion show itu meningkatkan kunjungan wisatawan ke tempat tersebut.

"Tujuan utama kita sebenarnya adalah mempromosikan Kampong Reklamasi agar semakin dikenal luas oleh masyarakat," bebernya.

Menurutnya, Bazar UMKM itu berdampak terhadap pengunjung yang datang yakni sekitar 3000 pengunjung di tiga hari pelaksanaan kegiatan UMKM Gemawira itu.

"Dampak untuk reklamasi itu salah satunya sebagai ajang promosi yang pastinya Kampong Reklamasi Selinsing bisa lebih dikenal masyarakat luas, kemudian mungkin kedepannya kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali karena melihat respon masyarakat yang sangat bagus," jelasnya.

Ia juga mengapresiasi, selama pelaksanaan itu berjalan lancar dan tidak ada kerusakan apapun terhadap sarana dan prasarana di lokasi tersebut.

"Alhamdulillah selama event ini berlangsung dari awal sampai akhir tidak ada kerusakan apapun terkait fasilitas yang ada di kampong Reklamasi, hanya terkadang sebagian masyarakat atau pun pengunjung ada yang masih kurang sadar dengan membuang sampah," tandasnya. (rls)