Ticker

6/recent/ticker-posts

DESA TANJUNG BINGA, SEBARAN TERBANYAK KASUS AKTIF COVID19

 

Gambar : Peta sebaran resiko covid19 Kabupaten Belitung.


Tanjungpandan, Satam Expose.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mencatat sebanyak delapan Desa/Kelurahan berstatus zona merah atau resiko tinggi penyebaran covid19, sembilan Desa/Kelurahan zona oranye atau resiko sedang, delapan Desa zona kuning atau resiko rendah dan 15 Desa lainnya dengan status zona hijau atau tidak ada kasus.

Seperti yang tergambar pada peta sebaran resiko covid19 Kabupaten Belitung per Desa/Kelurahan yang update minggu, 23 Mei 2021 pada website milik Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, https://covid19.belitung.go.id/peta-resiko-covid19 

Adapun Desa dengan status zona merah yakni Desa Tanjung Binga menduduki peringkat pertama dengan jumlah terkonfirmasi mencapai 17 kasus aktif, Disusul Desa Batu Itam enam kasus aktif, Desa Air Saga 11 kasus aktif dan desa Air Pelempang Jaya 9 kasus, Desa Aik Rayak 6 kasus aktif.

Sedangkan untuk Kelurahan, Kota sebanyak 13 kasus aktif, Paal Satu 11 kasus dan Tanjung Pendam 9 kasus aktif

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono mengatakan skenario pengendalian penyebaran covid19 dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro pada tingkat RT.

"Sejumlah Desa/Kelurahan saat ini sudah mulai menerapkan PPKM mikro tingkat RT dan pihak desa juga mulai menyiapkan rumah isolasi di Desa dan Kelurahannya masing-masing," ujarnya kepada wartawan, minggu(23/5).

Joko optimistis, dengan diterapkannya PPKM skala mikro tingkat RT akan dapat menekan penyebaran virus covid19 di Kabupaten Belitung dan menjadikan Kelurahan dan Desa yang masuk zona merah dengan resiko tinggi bisa berubah status menjadi zona sedang, rendah, hingga zona tanpa kasus. (rus)