Ticker

6/recent/ticker-posts

GUBERNUR SIAP RESTORASI MANGROVE DI BABEL

Gambar : Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama Kepala Badan
Restorasi Gambut dan Mangrove RI, Hartono besarta jajaran.

 


JAKARTA, SATAMEXPOSE – Mandat itu disampaikan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI, Hartono kepada Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman dalam acara audiensi di Jakarta, Senin (12/4) menyampaikan mandat Presiden RI Joko Widodo terkait Perpres Nomor 220 Tahun 2020 yang menjadikan Provinsi Bangka Belitung (Babel) bersama 9 provinsi lainnya untuk melaksanakan rehabilitasi mangrove.

"Mandat yang diberikan oleh Presiden RI kepada Badan Restorasi Gambut dan Mangrove melalui Perpres Nomor 120 Tahun 2020 untuk melaksanakan rehabilitasi mangrove di 9 Provinsi, di antaranya Bangka Belitung, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua dan Papua Barat," sebut Hartono. 

Pusat sendiri menurut Hartono telah melakukan pemetaan indikatif kondisi ekosistem mangrove nasional dan mendapatkan data, bahwa sekitar 80.761 hektar ekosistem mangrove di Babel dalam kondisi rusak. 

Ditargetkan pada tahun 2021, dilakukan rehabilitasi mangrove di Kepulauan Bangka Belitung seluas 16.319 Ha, dengan rincian 3.069 Ha yang berada di kawasan konservasi, sementara 13.250 Ha di luar kawasan konservasi. 

Hartono berharap perlu dilaksanakan kegiatan rehabilitasi padat karya berbasis desa dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah. 

"Lusa, kami akan ke Babel untuk melakukan pengecekan lapangan," ujarnya. 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman antusias setelah mendengar paparan pihak Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI terkait rencana restorasi mangrove berdasarkan mandat yang diberikan oleh Presiden RI melalui Perpres Nomor 120 Tahun 2020 di 9 Provinsi, termasuk di Babel. 

"Saya akan libatkan masyarakat lokal baik di Bangka maupun Belitung untuk restorasi mangrove ini. Kawasan hutan mangrove di Babel harus tetap terjaga kelestariannya, walaupun daerah ini dikenal sebagai daerah tambang," pungkasnya. (ikp-Babel)