Ticker

6/recent/ticker-posts

PULUHAN PEMUDA DAN MASYARAKAT BELITUNG DAN BELTIM GELAR AKSI SOLIDARITAS UNTUK SYARIFAH AMELIA

Aksi solidaritas untuk Amel. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Puluhan pemuda dan masyarakat dari Belitung dan Belitung Timur menggelar aksi damai untuk mendukung Syarifah Amelia, Kamis (26/11/2020).


Syarifah Amelia yang merupakan Ketua Tim Relawan Berakar menjadi terdakwa dalam perkara dugaan tindak pidana Pilkada Beltim 2020. Ia terseret perkara ini usai orasinya beberapa waktu lalu dilaporkan ke Sentra Gakkumdu Beltim.


Dalam persidangan, Amel didakwa melanggar Pasal 187 ayat 2 juncto Pasal 69 huruf c UU No 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU No 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2014 Tentang Pilgub, Bupati dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang


Aksi dilakukan dengan memasang spanduk berisi kata-kata dukungan terhadap Amel di beberapa titik di Tanjungpandan. Selain itu para pemuda juga membentangkan kertas karton berisi tulisan dukungan di depan PN Tanjungpandan.


Koordinator lapangan (Korlap) aksi damai tersebut Theo mengatakan, kegiatan ini timbul karena hati nurani para masyarakat dan pemuda di Belitung dan Belitung Timur tergerak untuk mengawal proses hukum yang sedang dijalani Amel sampai tuntas.


"Bagi kami, ini niat yang sangat mulia dari Amel untuk mensukseskan pilkada bersih khususnya di Beltim. Tapi kenapa niat baik itu disambut menjadi tersangka," kata Theo, Kamis (26/11/2020).


Terlebih, lanjut Theo, pihaknya mendapat informasi ibu dari Altamis (5) ini menurun kondisi kesehatannya saat persidangan sedang berlangsung, bahkan ia harus segera dilarikan ke rumah sakit.


"Ini juga merupakan bentuk dukungan kami kepada Amel, serta mengajak masyarakat untuk mendoakan semoga Amel selalu diberikan kesehatan dan kasus Amel ini segera selesai tanpa perkara apapun," ujar Theo.


Tokoh pemuda Belitung Timur Albani berharap kondisi Amel segera membaik. Selain itu Amel juga bisa melalui proses hukum tersebut serta mendapatkan hasil terbaik.


"Kita mendukung apa yang disampaikan Amel, ini hal yang positif bahkan bukan hanya menjual calon yang diusung olehnya. Amel juga kampanye tentang pilkada bersih khususnya di Beltim," kata Albani.


Menurut Albani, Amel sebagai seorang ibu rumah tangga tak hanya berkonsentrasi dalam kasus yang menjeratnya ini, namun juga memikirkan keluarga sebagai seorang istri dan seorang ibu.


"Tadi malam kita dapat info Amel jatuh pingsan, ini pasti karena energinya banyak yang terkuras selain memikirkan keluarganya, Amel juga harus memikirkan terkait persidangannya," ucap Albani.


Dirinya mengajak seluruh masyarakat di Belitung dan Belitung Timur untuk mendoakan Amel agar diberikan kesehatan, serta lebih dikuatkan lagi dalam menjalani proses sidang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.


"Ayo kepada seluruh masyarakat Belitung, khususnya Belitung Timur, ini adalah misi memanusiakan manusia. Jadi, mari kita semua mendoakan Amel agar lebih kuat lagi menjalani sidangnya sampai mendapatkan keputusan," ajak Albani. (fat)