Ticker

6/recent/ticker-posts

PASIEN POSITIF COVID-19 DINYATAKAN MENINGGAL USAI 9 HARI DIRAWAT INTENSIF, TOTAL 3 ORANG MENINGGAL DI BELITUNG

Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Pasien positif Covid-19 dengan ID 1623, seorang laki-laki berinisial BU (53) meninggal dunia, Minggu (8/11/2020) pukul 09.35 WIB.


Pria tersebut meninggal dunia saat menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSUD dr H Marsidi Judono Tanjungpandan  selama kurang lebih sembilan hari. Ia diketahui mempunyai penyakit bawaan kencing manis.


"Pasien ini meninggal disertai penyakit komorbid kencing manis dan gagal napas akud akibat Covid-19. Mulai menjalani perawatan pada 31 Oktober lalu," ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dalam press release yang diterima SatamExpose.com, Senin (9/11/2020).


Pasien 1623 ini sempat menunjukkan gejala happy hipoxia dengan kerusakan paru akibat Covid-19 pada hari ketiga perawatan. Kemudian dilakukan tindakan medis berupa pemasangan bantuan selang nafas serta alat ventilator mekanik selama 108 jam.


Kemudian pada hari kedelapan perawatan, pasien sempat mengalami henti jantung, namun masih bisa dilakukan pertolongan medis dan perawatan intensif dilanjutkan kembali.


Sebelum meninggal, pasien mengalami perburukan kembali sampai dengan henti jantung. Lalu dilakukan pertolongan medis kembali, namun kondisinya sudah tidak merespon tindakan, sampai akhirnya dinyatakan meninggal dunia.


Selanjutnya terhadap jenazah pasien telah dilakukan pemulasaran dan pemakaman sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.


"Jenazahnya dimakamkan pada hari Minggu pukul 13.00 WIB. Pasien ini merupakan yang ketiga meninggal dunia dikarenakan Covid-19 di Kabupaten Belitung," kata Sanem.


Sanem menambahkan sampai hari ini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belitung sebanyak 68 orang. Namun 57 pasien sudah dinyatakan sembuh dan 3 dirawat di RSUD serta 5 pasien diisolasi di SKB.


"Saya imbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan semangat dalam menjalankan seluruh instruksi pemerintah daerah maupun pusat. Khususnya tetap melaksanakan protokol kesehatan demi memutus rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Belitung," pesan Sanem. (fat)