September 20, 2020

RATUSAN KILOGRAM SAMPAH BERHASIL DIKUMPULKAN SEPANJANG PANTAI TANJUNG KELAYANG HINGGA TANJUNG TINGGI

Berbagai komunitas, petugas kebersihan, OKP dan instansi
lainnya serta pegiat lingkungan membersihkan pantai. IST

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM - Sebanyak 373 kilogram sampah berhasil dikumpulkan oleh puluhan komunitas dalam kegiatan bersih-bersih Pantai Tanjung Kelayang-Tanjung Tinggi, Sijuk, Sabtu (19/9/2020).

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Dunia (World Clean Up Day) yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung.

 

Dalam kegiatan yang dibuka Sekda Belitung MZ Hendra Caya tersebut diikuti 446 orang yang terdiri dari petugas dari DLH dan 34 komunitas, organisasi kepemudaan, Dinas Pariwisata, perhotelan, perusahaan, serta para pegiat lingkungan di Belitung.

 

Adapun titik pengumpulan sampah dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang sampai ke Pantai Lemadang Tanjung Tinggi. Tahun ini merupakan tahun kedua diadakannya kegiatan tersebut.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu dalam rangka mengantisipasi sampah yang terbawa dari laut.

 

"Tapi sesuai dengan perintah dan arahan Pak Sekda, bulan depan bersih-bersih pantai ini akan dilaksanakan setiap minggu," kata Edi Usdianto saat dihubungi SatamExpose.com, Sabtu (19/9/2020).

 

Edi Usdianto menambahkan, sampah yang berhasil dikumpulkan nantinya akan dipilah, seperti sampah bahan organik akan dibuat kompos di TPA, sedangkan non organik akan diolah menjadi kerajinan tangan.

 

"Tujuannya agar sampah yang dikumpulkan bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar Edi Usdianto. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.