Agustus 31, 2020

KALAPAS DAN WARGA BINAAN PANEN LELE, HASILNYA UNTUK MAKAN PENGHUNI LAPAS

Petugas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menunjukkan lele
hasil panen di kolam lapas. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit beserta jajaran dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) panen lele hasil budidaya di kolam lapas.

 

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari Sabtu dan Minggu itu merupakan hasil budidaya perikanan air tawar yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur.

 

Setidaknya sekitar 15 kilogram ikan lele dipanen dari kolam yang terletak di area blok hunian lapas dan hasilnya dimanfaatkan untuk makanan WBP.

 

"Walaupun kita dalam masa pandemi Covid, sebagai petugas Pemasyarakatan harus tetap bekerja dengan semangat dan sesuai tupoksi. Kegiatan kerja harus tetap berjalan seperti panen lele kali ini, walaupun masih dalam tahap uji coba, patut bersyukur dan dapat dikatakan berhasil," kata Romiwin Hutasoit dalam press relaese yang diterima SatamExpose.com, Minggu (30/8/2020).

 

Dia juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama Pemkab Beltim yang turut mendukung program WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

 

Dirinya berharap sinergi yang baik antara pemda, BUMN maupun swasta terus terjalin demi mewujudkan berbagai inovasi dalam rangka memberikan motivasi kepada WBP.

 

Selain budidaya perikanan, jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan juga sedang menggarap kembali lahan di area belakang lapas untuk dijadikan area perkebunan.

 

Berbagai jenis tanaman seperti cabe, terong, sawi dan jagung digarap oleh WBP yang menjalani asimilasi di luar lapas.

 

Kasubsi Bimker Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Rizki menjelaskan program pembinaan budidaya ikan merupakan kerjasama Lapas Kelas IIA Kuningan bersama Dinas Perikanan.

 

Sebelum itu pihaknya telah berkunjung ke Balai Benih Perikanan di Desa Mempaya, Kecamatan Damar beberapa waktu lalu untuk mempelajari cara budidaya perikanan itu.

 

"Beberapa teori terkait budidaya ikan dijelaskan oleh pihak Balai Benih Perikanan mulai dari bagaimana cara menebar benih ikan yang baik, cara memberi pakan, berapa padat tebar ikan pada setiap kolam hingga bagaimana pengelolaan ikan yang akan dibudidayakan,” Rizki didampingi Staf Bimker Rolly Desta. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.