Juni 05, 2020

SEBANYAK 168 JAMAAH CALON HAJI BELITUNG BATAL BERANGKAT, PADAHAL SUDAH LUNASI PEMBAYARAN TAHAP SATU DAN DUA

Kepala Kemenag Kabupaten Belitung,
Masdar Nawawi. SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Sebanyak 168 jamaah calon haji Kabupaten Belitung gagal berangkat tahun ini. Kepastian ini didapat setelah Menteri Agama mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 494 Tahun 2020.

Dalam keputusan tersebut, pemerintah pusat membatalkan keberangkatan jamaah calon haji tahun ini terkait pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Sebanyak 168 jamaah calhaj tersebut terdiri dari 71 laki-laki dan 98 wanita.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung Masdar Nawawi menyebutkan, padahal semua jaah sudah melunasi pembayaran biaya haji tahap satu dan dua beberapa waktu lalu.

“Hal ini terasa sulit dilakukan oleh pemerintah, akibat wabah pandemi Covid-19 di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Ini yang harus dipahami para jamaah,” sebut Masdar Nawawi kepada SatamExpose.com, Jumat (5/6/2020).

Masdar mengimbau seluruh jamaah calhaj dari Kabupaten Belitung untuk bisa bersabar dan berlapang dada dalam menanggapi keputusan pemerintah tersebut. Keputusan tersebut dikeluarkan untuk kebaikan bersama.

"Jadi diharapkan jamaah calon haji ini bisa menerima dengan ikhlas dan lebih isthitoah, dan wajib menjaga keselamatan jiwa sebagai dasar pertimbangan. Seraya menunggu  dibukanya akses masuk antara pemerintah Indonesia ke Arab Saudi," ujar Masdar Nawawi.

Jamaah calon haji Belitung sebelumnya telah melakukan beberapa persiapan terkait keberangkatannya. Bahkan Kemenag juga telah menyampaikan video bimbingan manasik agar bisa dipelajari masing-masing oleh para jemaah.

Pemeriksaan kesehatan dan suntik miningitis juga telah dilakukan. Hanya suntik influenza yang belum diberikan. Rencananya pada 25 Mei lalu, para jamaah calhaj juga seharusnya sudah masuk ke asrama haji.

Setelah pembatalan keberangkatan ini, para jemaah calon haji tetap akan diberikan bimbingan manasik sambil menunggu keberangkatan. Jamaah calon haji tahun ini akan menjadi prioritas pada keberangkatan 2021 mendatang.

"Intinya para jemaah tahun ini, dipastikan akan berangkat tahun depan," ucap Masdar Nawawi. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.