Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU BELTIM SEGERA AKTIFKAN KEMBALI PANITIA ADHOC, LANJUTAN TAHAPAN PILKADA DIMULAI BULAN INI

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi
Masyarakat dan Sumber Daya Manusia
KPU Beltim Asrikhah. IST

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur akan segera mengaktifkan kembali panitia adhoc dalam waktu dekat ini. Pasalnya tahapan lanjutan pemilihan Kepala Daerah akan kembali digelar Juni 2020 ini.

Dilansir dari rilis Diskominfo Beltim, Komisioner KPU Beltim Asrikhah memastikan Juni 2020 tahapan pemilihan lanjutan dimulai serentak seluruh Indonesia, sesuai dengan draf Peraturan KPU (PKPU) Tahapan, Program dan Jadwal Uji Publik PKPU.

“Masih draf PKPU, jadi tanggalnya belum fix. Tapi kita pastikan bulan ini semuanya berjalan kembali, tolong tanggalnya jangan ditulis dulu,” ungkap Asrikhah di ruang kerjanya, Selasa (2/6/2020).

Terhitung Juni 2020 ini, panitia adhoc seperti Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). PPK dan PPS di Kabupaten Beltim sebelumnya sudah dilantik namun dinonaktifkan sementara akibat adanya pandemi Covid-19.

“Segera kita aktifkan lagi bulan ini. Nanti akan diikuti dengan pembentukan PPDP (Petugas Pemuktahiran Data Pemilih) dan Pencocokan dan Penelitian (coklit) Data Pemilih semuanya kita kejar di Juni 2020,” kata Rika panggilan akrab Asrikhah.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim ini mengakui akan banyak perubahan dalam tahapan pilkada ditengah pandemi Covid-19 ini.

Diantaranya ditiadakannya pendataan pemilih dari pintu ke pintu, sosialiasi yang melibatkan massa hingga pemilih yang harus membawa alat coblos masing-masing.

“Makanya di divisi sosialiasi agak sulit karena tidak boleh memobiliasi massa. Paling harapannya maksimalkan sosialisasi lewat media daring, radio dan cetak,” ujar Rika.

Dalam draf PKPU 9 Desember 2020 merupakan tanggal pelaksanaan Pemilihan Suara Pilkada serentak 2020. Diperkirakan 6 Juni 2020 ini seluruh tahapan yang tertunda akan segera dimulai. (*/als)