Mei 26, 2020

PASIEN POSITIF COVID-19 DI BELITUNG BERTAMBAH 3 LAGI, HASIL TRACKING PASIEN POSITIF YANG DARI BANGLADESH

Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung bertambah lagi terhitung Selasa (26/5/2020). Tiga warganya dinyatakan positif Covid-19 karena terpapar virus dari pasien yang dinyatakan positif sebelumnya.

Ketiga pasien tersebut yakni Pasien 951, lelaki 39 tahun inisial AG, warga Aik Seruk (Sijuk), Pasien 965 perempuan 54 tahun inisial SD domisili Jakarta dan Pasien 988 lelaki 14 tahun inisial AZ, warga Kelurahan Pangkallalang (Tanjungpandan).

Hingga saat ini, total ada 11 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Belitung. Satu diantaranya merupakan rujukan dari Belitung Timur. Sedangkan lima pasien termasuk yang rujukan dari Belitung Timur sudah dinyatakan sembuh.

Hasil kurang menyenangkan ini diterima Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung setelah hasil pengujian swab tenggorokan melalui Uji Laboratorium Biomedis Pcr RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Selasa (26/5/2020).

Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra dalam pers rilis yang diterima SatamExpose.com menyebutkan, selain itu hasil swab Pasien 989, 1014 dan 1015. Sebelumnya hasil rapid test ketiganya juga reactive.

"Untuk pengujian sampel swab kesatu dan kedua hasilnya positif. Khusus Pasien 989, 1014 yang awalnya reaktif hasil pengujian swabnya negative. Begitu juga dengan Pasien Nomor 1015 negatif," kata dr Hendra, Selasa (26/5/2020).

Hendra menambahkan, khusus Pasien 1014 dan 1015 baru sekali menjalani pengambilan sampel swab. Keduanya harus menjalani satu kali lagi pemeriksaan swab tenggorokan untuk memastikan bebas dari Covid-19.

Ketiga pasien positif ini terpapar oleh dua orang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan perjalanan ke Banglades. AG melakukan kontak dengan Pasien 921 dan 923 di dalam pesawat.

Sedangkan SD belum dipastikan apakah terpapar dari dua pasien tersebut atau tidak, namun dalam perjalanan ke Tanjungpandan berada dalam satu pesawat dengan kedua pasien yang dari Bangladesh.

Pasien 988 merupakan keponakan dari Pasien 921. Saat ini ketiganya berada di ruang isolasi RSUD dr H Marsidi Judono untuk menjalani masa perawatan sesuai standar penanganan Covid-19.

Dengan adanya penambahan pasien positif ini, RSUD dr H Marsidi Judono saat ini menangani 6 orang pasien positif Covid-19. Sedangkan untuk pasien lainnya yang hasil uji swab tenggorokan yang dinyatakan negatif akan dipulangkan.

"Tapi untuk pasien nomor 1014 dan 1015 itu baru sekali pengambilan swabnya, hasilnya negatif. Hanya sesuai protap perlu satu kali lagi untuk pengujian swab kedua, akan kami lakukan besok, mudah-mudahan kita doakan bersama hasilnya kembali negatif,"  ujar dr Hendra. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.