Juli 08, 2019

TERKAIT KELUHAN RENDAHNYA HARGA LADA, DESTIKA SEBUT PEMERINTAH TAK BISA BERBUAT BANYAK

Ilustrasi lada siap panen. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Ir Destika Efenly menyebutkan pemda tak bisa berbuat banyak terkait rendahnya harga lada saat ini.

Namun untuk mengatasi harga lada ini, jelas Destika, pemerintah sudah menyiapkan program bernama Program Gangan. Hingga saat ini belum ada pihak ketiga yang berani bekerjasama.

Menurut Destika, pihaknya sudah sempat bertemu dengan pengusaha dan eksportir, namun pengusaha dan eksportir ini menyatakan ketidaksanggupannya. Hal ini dikarenakan harga lada di pasar dunia juga tengah turun.





"Itu yang kita coba (program gangan) melakukan MoU bagaimana pemerintah bantu memasarkan dalam artian ini barangnya (lada) ditemukan lah dengan pengusaha yang membeli kira-kira harga yang lebih baik,” sebut Destika kepada SatamExpose.com, Senin (8/7/2019).

Kedepan, kata Destika, pemerintah bakal melakukan gerakan di hilir bagaimana menciptakan nilai tambah. Diantaranya dengan menjual lada dalam bentuk olahan, yakni dipacking sebagai oleh-oleh.

"Saya tidak bisa berbicara lebih jauh langkah apa yang diambil bagaimana menaikkan harga lada. Kita tidak punya kemampuan untuk itu. Kecuali bagaimana untuk menambah harga dengan packing-packing yang kita lakukan,” jelas Destika.





Pemerintah juga mempersiapkan program subsidi pupuk untuk meringankan beban petani lada. Sehingga petani bisa terus bertahan meskipun harga lada saat ini sedang turun.

"Kalau subsidi terhadap harga lada saya belum melihat celah untuk itu. Itu tidak bisa. Kita sudah mengambil langkah untuk itu tapi ujung-ujungnya ke tidak ketemu harga untuk apa. Kecuali harga di luar negeri tinggi disini rendah kita bisa cari solusinya," pungkas Destika. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.