Ticker

6/recent/ticker-posts

TIKET MASUK TAK BERPORPORASI, PEMILIK TODAY GARDEN SEBUT PERESMIANNYA DIHADIRI JENDERAL BINTANG TIGA

Today Garden. Dok.SatamExpose.Com

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM – Hadirnya tempat wisata baru Today Garden Belitung menambah destinasi dan sebagai alternatif kunjungan. Lokasi wisata di Dusun Munsang, Desa Sungai Padang, Sijuk ini diresmikan Wabup Belitung Isyak Meirobie beberapa waktu lalu.

Namun kehadiran lokasi wisata ini dinilai tak memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah setempat. Pasalnya tiket masuk bagi pengunjung tidak terporporasi Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Belitung.

Padahal pengunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp 30 ribu perorang saat memasuki kawasan Today Garden Belitung saat momen lebaran lalu. Setiap harinya, lokasi wisata ini dikunjungi ratusan orang.




Dengan membayar tiket, pengunjung mendapat fasilitas agrowisata, gunung batu, mini kebun binatang, saung-saung dan pondok, tempat bermain anak, tempat budidaya ikan dan kura-kura serta aquarium ikan hasil laut.

Namun tidak termasuk layanan rumah makan, taman burung parkit, warung kopi, foto kenangan dan mancing di laut (sewa kapal). Pengunjung dikenai biaya lain bila ingin melakukan kegiatan tersebut.

Kepala Dispenda Kabupaten Belitung Iskandar Febro membenarkan belum adanya pemasukan bagi pemda dari retribusi Today Garden saat ditemui SatamExpose.com.




Iskandar Febro menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan porporasi apapun terkait tempat wisata Today Garden Belitung. Sehingga tidak ada kontribusi lokasi wisata tersebut terhadap pendapatan daerah.

“Belum ada sampai saat ini, kalau soal izin bukan di kita. Porporasi juga tak pernah kita keluarkan,” ujar Iskandar Febro kepada SatamExpose.com, Senin (10/6/2019).

Sementara itu Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPPTSP) Kabupaten Belitung Hilman mengatakan pihak Today Garden Belitung mengajukan melalui Online Single Submission (OSS).




Meski begitu, lanjut Hilman, pihaknya juga sudah melakukan kunjungan ke Today Garden Belitung. Hal tersebut terkait dokumen yang belum dilengkapi pihak pengelola dalam pengajuan izin.

“Mereka mengajukan OSS, bukan melalui kita. Tapi kami sudah berkunjung kesana terkait dokumen yang belum lengkap. Mereka baru akan memproses,” papar Hilman kepada SatamExpose.com, Selasa (11/6/2019) melalui sambungan telepon.

Sementara itu Owner Today Garden Belitung Toddy saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan pihaknya didukung pemerintah daerah dalam membuka lokasi wisata baru ini.




“Pemerintah dan warga sangat mendukung atas bukanya tempat pariwisata saya. Semua sedang diurus,” jawab Toddy melalui pesan WhatsApp, Kamis (13/6/2019).

Toddy menjelaskan, sebanyak 95 persen pekerja di Today Garden merupakan warga desa setempat. Sehingga dinilai membantu pemerintah daerah dalam membuka lapangan pekerjaan.

Bahkan Toddy juga memaparkan saat peresmian lokasi wisata tersebut dihadiri oleh jenderal bintang tiga TNI dan istri yang merupakan teman baiknya. Selain itu juga ia mengirim foto-foto bersama Hilman. (ppg/fg6)