Ticker

6/recent/ticker-posts

BANYAK LULUSAN SMA DAN SEDEJARAT TAK TAHU, MASA PENDAFTARAN BEASISWA UTUSAN DAERAH DIPERPANJANG

Pendaftar beasiswa utusan daerah di Beltim.
IST/Diskominfo Beltim

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur memperpanjang masa pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah (BUD) hingga Selasa, 18 Juni 2019 mendatang.

Perpanjangan ini dilakukan lantaran masih banyak calon pendaftar yang belum mengetahui ada program beasiswa permanen bagi keluarga kurang mampu tersebut.
Dikutip SatamExpose.com dari pers rilis Diskominfo Beltim, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BUD Alvian mengungkapkan hingga Jum’at (14/6/19), jumlah pendaftar sudah mencapai kurang lebih 44 orang. 





Sebanyak 27 orang mendaftar untuk masuk di Institur Pertanian Bogor (IPB), 10 orang di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung, dan 7 orang di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta.

“Kenapa program ini kita perpanjang karena melihat dari animo masyarakat yang cukup tinggi. Banyak yang mengaku baru tahu adanya program beasiswa ini, makanya kita tambah waktunya sampai Selasa ini,” ungkap Alvian kepada Diskominfo Beltim.

Kepala Bidang Pembinaan SD di Dinas Pendidikan tersebut berharap dengan diperpanjang masa waktu pendaftaran akan semakin banyak pendaftar yang ikut. 





Mengingat Program yang baru berjalan tahun 2019 ini memberikan kesempatan bagi keluarga yang kurang mampu untuk mengenyam bangku kuliah.

“Untuk kuotanya 4 di IPB, 5 di STP NHI dan 4 di STPN. Kalau target jumlah pendaftar tidak ada, kita berharap sebanyak-banyaknya,” kata Alvian.

Diakui Alvian, beberapa pendaftar BUD terkendala pada Persyaratan Khusus untuk tiap-tiap perguruan tinggi. 





Ia mencontohkan untuk masuk di STPN, pendaftar wajib berasal dari SMA Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan nilai minimal rata-rata Ujian Nasional untuk mata pelajaran MIPA adalah 75.

“Terus juga untuk STP NHI, walau untuk seluruh jurusan SMA dan SMK sederajat namun ada syarat tinggi dan berat badan ideal serta kemapuan berbahasa Inggris. Semua syarat itu dari mereka lah yang tentukan,” jelas Alvian. (*/als)