Ticker

6/recent/ticker-posts

DAMPAK KEMARAU, 114 KARHUTLA TERJADI DI BULAN SEPTEMBER LALU


Belitung|Satamexpose.com –  Sepanjang bulan September 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung mencatat 114 kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Belitung, Selasa (3/9).

Kepala BPBD Kabupaten Belitung, Agus Supriadi kepada wartawan mengatakan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Belitung meningkat signifikan jika dibandingkan data bulan Agustus 2023 yang tercatat 65 kasus karhutla seiring musim kemarau dampak dari badai El Nino.

Menurutnya, karhutla yang terjadi bukan hanya akibat cuaca panas berkepanjangan yang membuat lahan yang ditumbuhi semak belukan kering menjadi rawan kebakaran, namun ditenggarai pula adanya faktor kesengajaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kita tidak menapik jika karhutla juga ada unsur kesengajaan, namun anggota kita tidak bisa membuktikan dugaan tersebut. Kami hanya bisa menghimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga dan tidak melakukan perbuatan memicu terjadinya karhutla yang mungkin saja bisa merambat ke rumah penduduk sekitar,” tandas Agus Supriadi. (rus)