Ticker

6/recent/ticker-posts

GANDENG PT TEMAS PORT, BUPATI SEBUT DIREKTURNYA ORANG BELITUNG

Gambar : Foto bersama usai penandatangan perjanjian komitmen rencana kerja sama pengelolaan Pelabuhan Tanjung Batu.


Belitung |Satamexpose.com – Serius akan operasikan Pelabuhan Tanjung Batu, Pemerintah Kabupaten Belitung gandeng PT Temas Port yang merupakan anak perusahaan PT Pelayaran Tempur Emas Tbk yang bergerak dibidang transportasi domestik dan internasional, terutama untuk pengangkutan penumpang dan kargo melalui kapal laut.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian komitmen rencana kerja sama pengoprasian  operasional Tanjung Batu antara direktur PT Tanjung Batu Belitong Indonesia, Iskandar Rosul dan direktur PT Temas Port, Lina Susanti, Selasa (10/1) di ruang rapat Bupati Belitung.

Penandatanganan tersebut menindak lanjuti penandatanganan nota kesepahaman nomor : 033/LGL/NTK/TP-PTBBI/III/2022 pada tanggal 22 Maret 2022 lalu.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos usai mendampingi penandatanganan bersama Sekda Kabupaten Belitung H. MZ Hendra Caya, Se., M.Si tersebut berkeyakinan kerja sama ini akan membawa manfaat dalam pengembangan pelabuhan Tanjung Batu dimasa mendatang.

"Kami mendapat rekanan PT Temas Port dalam kerja sama ini dan tadi sudah kita lihat bersama bagaimana company profile Temas Port, kebetulan direkturnya orang Belitung sehingga ada sebuah rasa emosional untuk berpartisipasi membangun pelabuhan Tanjung Batu," ujarnya.

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Batu yang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 lalu dengan status sebagai pelabuhan pengumpul juga disiapkan untuk mendukung program tol laut guna menjaga kelancaran distribusi dan disparitas harga bahan kebutuhan pokok di Tanah Air.

"Kerja sama ini secepatnya akan kita tindaklanjuti dalam arti kata tadi secara administrasi penandatanganan komitmen rencana kerja sama sudah dilakukan kemudian secara izin operasional Badan Usaha Pelabuhan Tanjung Batu sudah lengkap," paparnya.

Sanem panggilan akrab Bupati Belitung menjelaskan saat ini Pemerintah Daerah memiliki lahan seluas 75 hektar di area Pelabuhan Tanjung Batu dalam keadaan siap untuk dikembangkan.

"Kami percaya Temas Port bisa mengembangkan pelabuhan ini karena kita tahu bahwa mereka tadi telah terkoneksi ke-60 pelabuhan dan memiliki armada sendiri sebanyak 40 kapal serta peralatan bongkar muat seperti crane dan lain sebagainya" jelasnya Bupati.

Sementara itu, Direktur PT Temas Port, Lina Santi menyambut baik adanya kerja sama ini dan menilai Pelabuhan Tanjung Batu memiliki potensi dan peluang bisnis yang cukup bagus.

"Kami juga sudah melihat Pelabuhan Tanjung Batu secara geografisnya, cuma kembali lagi seperti yang disampaikan Bupati banyak kendala salah satunya adalah birokrasi," ujarnya.

Menurutnya, kerja sama pengelolaan pelabuhan Tanjung Batu di Belitung sebagai langkah partisipasi dalam pembangunan dan pengembangan pelabuhan di Indonesia.

"Melalui kerja sama ini kami dapat berpartisipasi membangun pelabuhan di Indonesia mengingat Temas Group merupakan salah satu perusahaan nasional yang bergerak di bidang pelayaran," tandasnya. (rus)