Ticker

6/recent/ticker-posts

EVALUASI KINERJA PEJABAT, BKPSDM BELITUNG LIBATKAN TIM IPDN

Gambar : Foto bersama Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ Hendra Caya, SE., M. Si dan para peserta evaluasi penilaian kinerja dan uji kompetensi PPT Pratama.

 

Belitung|Satamexpose.com – Kerja sama dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Badan Kepengawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung melaksanakan evaluasi penilaian kinerja (job fit) dan uji kompetensi PPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Jumat (27/1).

Kepala BKPSDM Kabupaten BelitungKA Azhami mengatakan, evaluasi kinerja atau job fit bertujuan sebagai bentuk assesment (penilaian, red) yang bermuara pada penyesuian penempatan jabatan berdasarkan pendidikan dan kompetensi serta penyegaran di sebuah organisasi pemerintahan diikuti 23 peserta.

"Dari hasil review KSN, pesertanya ada 23 orang, tapi karena ada wawancara langsung bapak Bupati maka kami masukan semua kepala OPD," ujarnya.

Berdasarkan Permenpan-RB, menurutnya seluruh pimpinan tinggi pratama harus dilakukan uji kompetensi setelah satu tahun menjabat sebagai evaluasi kinerja dan penyesuaian berdasarkan standar aturan berlaku.

"Tapi pada intinya Bupati tidak bermaksud untuk menonjobkan pejabat dan mereka tetap akan di posisi eselon II," paparnya.

Meski tak menapik hasil job fit pada akhinya akan bermuara pada mutasi jabatan, Azami juga mengatakan pada prosesnya Bupati dan juga Sekda selaku ketua tim akan memberikan penilaian serta pertimbangan dengan berbagai kemungkinan.

Kondisi beberapa pejabat di Pemkab Belitung yang mulai memasuki masa pensiun dalam waktu dekat juga menjadi pertimbangan agar jabatan kepala OPD terutama yang berkaitan dengan program strategis Bupati dan Wakil Bupati tidak mengalami kekosongan.

"Jadi mungkin setelah job fit ini, Bupati melalui Sekda dan tim kajian evaluasi akan menilai bagusnya seperti apa supaya jabatan penting itu tetap terisi," tandasnya. (rus)