Ticker

6/recent/ticker-posts

PERINGATI HARI NUSANTARA DAN EMPAT TAHUN KEPEMIMPINAN BUPATI-WAKIL BUPATI BELITUNG, TIM POLRES BELITUNG JUARAI LOMBA MASAK GANGAN

Gambar : Bupati Belitung terlihat mengolah ikan dan pejabat lainnya juga tampak serius mengikuti lomba memasak gangan yang digelar di halaman Dinas Perikanan Belitung.

 

Belitung |Satamexpose.com – Mengambil tempat di halaman Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, lomba masak gangan digelar dengan diikuti Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si,  Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ Hendra Caya, SE., M.Si serta para pejabat dilingkungan Pemkab Belitung dan DPRD Kabupaten Belitung juga dari Forkopinda Kabupaten Belitung, Jum’at(30/12).

Lomba memasak tersebut diikuti oleh 20 tim, dimana setiap timnya beranggotakan dua orang dalam mengolah bahan ikan kakap merah menjadi gangan yang merupakan masakan tradisional Belitung.

Proses membersihkan ikan, meracik bumbu, memasak, hingga menata gangan dilakoni peserta yang didominasi laki-laki dalam kurun waktu 60 menit.

Selanjutnya dewan juri yang terdiri dari Chef Hotel Isnen, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten BelitungAsmara Sahani Saleh dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Meidiawati berkeliling mencicipi masakan para peserta.

Aspek cita rasa, tampilan, kebersihan, keterampilan, dan kekompakan menjadi acuan penilaian.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri mengatakan lomba masak bagi para pejabat ini merupakan bagian dari peringatan Hari Nusantara dan empat tahun kepemimpinan Sahani Saleh-Isyak Meirobie sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belitung.

"Ini perdana (lomba masak, red) dengan pendanaan murni dari mitra unit pengelolaan ikan. Untuk lomba masak, mitra kami yang berinisiatif, jadi kami sebagai penyelenggara saja. Semua bahan dan bumbu disiapkan, ternyata animonya luar biasa," ujarnya.

Menurutnya, selain lomba masak, event ini juga diwarnai dengan senam, bazar, dan penyerahan bantuan kepada nelayan.

"Ke depan mitra juga siap. Mudah-mudahan tahun depan lebih baik," tandas Firdaus Zamri.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengapresiasi lomba masak ini sebagai aktivitas yang dapat menjalin silaturahmi sehingga ke depan dapat memperkuat sinergi dan kerjasama antar OPD maupun instansi terkait.

Meski gagal menjadi pemenang utama, Sanem sapaan akrab Bupati Belitung mengatakan timnya kalah bukan karena masakannya yang kurang lezat, namun karena juri masak istrinya sendiri.

"Nanti kalau aku menang dibilang KKN, jadi juara harapan saja lah," ujarnya sambil tertawa.

Pada lomba tersebut tim Polres Belitung keluar sebagai juara pertama yang dikuti tim Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya dan Asisten Administrasi Umum Ita Wahyuni yang mewakili Sekretariat Daerah sebagai pemenang kedua, sedangkan juara ketiga disabet tim Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung.

Selain tiga juara utama, lomba masak bertajuk executive fun cooking ini juga memiliki tiga juara harapan, yakni tim Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan sebagai pemenang harapan satu, sedangkan harapan kedua diraih oleh pasangan Bupati-Wakil Bupati Belitung dan tuan rumah Dinas Perikanan Kabupaten Belitung sebagai juara harapan tiga. (rus)