Ticker

6/recent/ticker-posts

PENCARIAN KORBAN HARI KEENAM TANPA HASIL, BESOK TIM MAKSIMALKAN PENCARIAN UNDERWATER

Gambar : Proses pencarian hari keenam korban helikopter Polri yang jatuh diperairan Manggar.

 

Belitung |Satamexpose.comHari keenam pencarian korban helikopter Polri yang jatuh diperairan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus dilakukan oleh Tim Sar Gabungan dibantu dengan nelayan sekitar dan proses pencarian dipantau langsung oleh Kabaharkam Polri komjen Pol Arief Sulistyo bersama Kapolda Irjen Pol Yan Sultra dan Kakor Polairud Irjen Pol Indra Miza, Jum’at(2/12).

Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Maladi mengatakan pencarian korban Helikopter NBO-105/P-1103 terkendala cuaca yang ekstrem. Meski demikian tim terus memaksimalkan pencarian terhadap satu korban yang belum ditemukan.

“Pencarian terus dipantau oleh Kabaharkan Polri, Kapolda dan Kakor Polairud di Posko yang ada di Kabupaten Belitung Timur, tentunya kita berdo’a agar satu kru yang belum ditemukan segera ditemukan,” papar Kombes Pol Maladi.

Hingga pukul 18.30 WIB pencarian terhadap korban yang merupakan pilot Helikopter NBO-105/P-1103 Arif Rahman Saleh belum juga ditemukan dan diduga korban masih berada di badan Helikopter.

Kasubdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol Dadan.,SH.,MH menduga korban masih berada di badan helikopter.

Menurutnya, seatbelt yang ada di pilot ada empat bagian yaitu seatbelt pada bagian pinggang, bahu kiri dan kanan serta belakang dan masing-masing dari seatbell memiliki kunci masing-masing sehingga membutuhkan waktu untuk membuka secara satu persatu.

"Misalkan ada tekanan dari pada pilot selaku pengendali Helikopter untuk membuka seatbell itu, tentu akan susah. Ditambah lagi dengan kepanikan, tentu tidak mudah untuk membukanya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa  mengatakan pencarian korban hari terakhir, Sabtu(3/12) besok pihaknya akan memaksimalkan pencarian underwater dengan mengerahkan 30 orang penyelam dan akan melakukan penyisiran 12 titik di dasar laut.

"Besok kami maksimalkan melalui underwater, tapi tetap juga sebagian ada yang melakukan secara visual dipesisir maupun area karang serta juga memberikan informasi kepada nelayan," tandasnya.

Menurutnya pencarian hari terakhir besok pihaknya juga akan menurunkan seluruh peralatan canggih yang dimiliki oleh TNI-AL, Basarnas dan Polri, seperti scane sonar, dan Aqua Eye serta peralatan deteksi lainnya.

Secara umum, pada pencarian ataupun operasi SAR hari keenam diperairan Belitung Timur belum membuahkan hasil alias nihil. (sis)