Ticker

6/recent/ticker-posts

LAUT BELITUNG MENGGILA, DUA PERAHU NELAYAN TENGGELAM DIHEMPAS GELOMBANG

Gambar : Proses evakuasi korban tenggelam dan dua perahu nelayan yang berhasil di tarik ke  Dermaga Satpolair Polres Belitung.

 

Belitung |Satamexpose.com – Gelombang besar hantam dua perahu nelayan di perairan laut Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (23/11) sekira pukul 03.30 WIB dini hari.

Perahu nelayan yang dinahkodai oleh Rizki Triadono alias Oyet warga Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung  bersama satu awak kapal lainnya diketahui melaut menuju perairan Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk, pada Selasa (22/11/) sore.

Pada Rabu(23/11) sekira pukul 03.30 WIB  secara tiba-tiba dilaut terjadi angin ribut dan ombak besar menghantam perahu kayu Oyet sehingga air laut masuk ke lambung perahu dan menenggelamkan perahu kayu itu.

Kedua sempat di atas perahu terombang-ambing dilautan hingga akhirnya ditolong KM Kembang Laut 02 dan KM Cahaya Setia yang melintas disekitar lokasi kejadian sekira pukul 07.30 WIB.

"Kedua korban dalam kondisi selamat dan sempat dibawa ke Poliklinik Polres Belitung dan sudah dipulangkan ke rumahnya," ujar Kasat Polairud Polres Belitung, AKP M Syarifuddin Ginting, Rabu (23/11).

Sedangkan perahu nelayan kedua ditumpangi oleh Joko Buntoro, Iwan Dwi Kurniawan, dan Tedy ketahui berangkat dari dermaga Kamla, Tanjung Pendam pada Selasa sekitar pukul 15.00 WIB juga terbalik dihantam ombak besar  di perairan Desa Batu Itam.sekira pukul 03.30 WIB pada Rabu(23/11).

Joko dan Iwan berhasil melompat dari perahu dan bertahan pada pelampung masing-masing, sedangkan Tedy tak terlihat keluar dari perahu dan dinyatakan hilang.

"Keduanya sempat bertahan di atas perahu yang terbalik sambil teriak minta tolong, tapi karena perahu terus tenggelam, keduanya memutuskan berenang menjauh menggunakan pelampung," papar Ginting.

Keduanya ditemukan terombang - ambing di lautan oleh nelayan bernama Komar sekitar pukul 11.30 WIB.

"Sekitar pukul 13.00 WIB, keduanya berhasil dievakuasi ke dermaga Desa Terong dan langsung dibawa ke rumah Komar," ujarnya.

Sedangkan Tedy(45) yang merupakan pemilik perahu baru bisa ditemukan oleh tim gabungan pada Rabu (23/11) sekira pukul 23.30 WIB dalam kondisi sudah tak bernyawa di ruang mesin perahu.

Proses evakuasi baru bisa dilakukan setelah perahu ditarik hingga ke tepian dermaga Satpolairud Polres Belitung. mengingat kondisi cuaca di tengah laut tidak memungkinkan.

"Memang prediksi kami korban ini tidak jauh dari perahu, karena dua rekannya bilang korban ini sempat masuk mau matikan mesin. Karena hari sudah gelap dan cuaca tidak bersahabat, diputuskan perahu korban ditarik ke tepi dermaga," tandas AKP M Syarifuddin Ginting, Kamis(24/11). [tlg]