Ticker

6/recent/ticker-posts

ALAMI KERUSAKAN PARAH, DPUPR BELITUNG SEGERA PERBAIKI AKSES JALAN MURAI

Gambar : Kondisi akses Jalan Murai yang menghubungkan Desa Merbau dan Desa Air Raya tergerus akibat terjangan air sungai.

 

Belitung |Satamexpose.com – Terkait kerusakan parah pada sisi jembatan sehingga memutus akses Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah berlangsung sekitar tiga bulanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Belitung, dalam waktu dekat segera akan memperbaikinya.

Kepala DPUPR Belitung, Edi Usdianto mengatakan pihaknya telah menganggarkan perbaikan jalan jembatan yang mengalami kerusakan tersebut.

"Kami akan segera memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan cukup parah dengan anggaran perbaikan jembatan jalan tersebut sebesar Rp. 200 juta," ujarnya, Jum’at(7/10).

Menurutnya, jalan tersebut menghubungkan dua desa yaitu Desa Air Merbau dan Desa Air Raya serta merupakan akses lalu lintas masyarakat di dua desa tersebut. Saat ini pihaknya melarang kendaraan baik roda dua maupun roda empat melintasi jalan tersebut mengingat kondisinya yang sudah rusak parah.

Edi Usdianto menilai, faktor kerusakan jalan jembatan yang dibangun pada tahun 2013 tersebut akibat tergerus aliran sungai yang cukup deras.

"Rusaknya jembatan sudah terlihat sejak tiga bulan yang lalu dimana pada saat itu, sisi arah dari Desa Air Merbau sudah rusak dan terlihat sudah mulai tergerus ke bawah. Sedangkan untuk sisi dari arah Desa Air Raya juga rusak sekitar satu bulan lalu," paparnya.

Sedangkan rencana jangka panjang, pihaknya berencana untuk membangun jembatan yang spesifikasinya disesuaikan dengan kondisi aliran sungai di bawahnya.

"Kami akan buat jembatan baru yang disesuaikan dengan kondisi atau struktur aliran air sungai yang langsung patah menikung 90 derajat tepat di posisi jembatan," pungkasnya. (rus)