Ticker

6/recent/ticker-posts

PT TIMAH PEDULI, BERIKAN BANTUAN BIAYA PENGOBATAN ZIYA-ZAKILA

Gambar : PT Timah serahkan bantuan biaya pengobatan kepada orang tua balita kembar yang divonis mengidap penyakit ROP (Retinopathy of Premature).


Belitung Timur |Satamexpose.com – PT Timah Tbk memberikan bantuan guna meringankan biaya pengobatan balita kembar  Ziya Shakila (1) Warga Desa Lalang Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang divonis mengidap penyakit ROP (Retinopathy of Premature), Kamis(29/9).

ROP (Retinopathy of Premature) merupakan suatu kelainan pada mata yang dapat mengakibatkan kebutaan, biasanya terjadi pada bayi-bayi prematur dengan berat lahir rendah.

Orang tua Ziya Shakila, Desi mengatakan Ziya divonis sakit mata sejak usia 3 bulan, namun sejak usia 1 bulan mereka sudah ingin melakukan screening mata tapi oleh dokter disarankan di usia 3 bulan.

Menurutnya, Ziya terlahir sebagai anak kembar prematur dan mereka mendapatkan rujukan ke Jakarta pada Desember 2021, namun mereka baru berangkat pada Januari 2022.

"Ketika itu retina Ziya sudah lepas, lalu kakaknya ROP stage 4, namun di Jakarta masih bisa dioperasi," paparnya.

Selanjutnya, kakak Ziya menjalani operasi dan Ziya melaksanakan pemeriksaan saja dan mereka kemudian diperbolehkan pulang ke Belitung, namun per tiga bulan harus melakukan kontrol.

Sebagai orang tua, Desi telah berusaha mencari cara yang terbaik untuk anaknya dan mendapat informasi bahwa di Surabaya ada yang bisa mengobati, namun tidak menerima layanan BPJS.

"Saat ini kondisi anak belum respon matanya, tapi kondisi fisik baik-baik saja, namun mata tadi menghambat aktivitas dia," ujarnya.

Dalam upaya mengobati anaknya, Desi sampai menjual kendaraan motor mereka untuk berangkat ke Surabaya dan bersyukur dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk.

"Bantuan PT Timah Tbk ini akan digunakan untuk berangkat ke Surabaya lagi untuk kontrol lagi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lalang,  Muhammad turut pula mengucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk yang telah menunjukkan kepeduliannya dengan membantu masyarakat mereka yang sedang membutuhkan bantuan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk atas bantuan kepada masyarakat kami," tandasnya. (rls)