Ticker

6/recent/ticker-posts

PERTEMUAN G20 DI BELITUNG ‘BATAL’, PJ GUBERNUR BABEL SEBUT TUNGGU PUTUSAN FINAL

Gambar : PJ Gubernur Babel, Ridwal Jamaluddin terkait Surat Menteri Sekretaris Negara tentang pembatalan pertemuan G20 di Belitung.


Pangkalpinang|Satamexpose.com – Terkait Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-588/M/D-1/HK.03.02/07/2022 tertanggal tertanggal 4 Juli 2022, Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan Pemerintah Pusat membatalkan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Pulau Belitung yang direncanakan akan digelar tanggal 7 hingga 9 September 2022.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional terkait pembatalan pegiatan G20 di Belitung ini," ujar Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Kamis(14/7).

Menurutnya, pembatalan  G20 di Belitung, Provinsi Kepulauan Babel ini berdasarkan Rancangan Peraturan Presiden tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan G20 yang ditandatangani oleh Mensesneg Pratikno, dimana berdasarkan hasil koordinasi Kementerian PUPR dengan Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta kemampuan keuangan negara maka penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 pada Development Walking Group di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan.

Saat ini pihak Pemerintah Provinsi sedang melakukan pembahasan dengan Kementrian Bappenas terkait pembatalan tersebut dan masih menunggu keputusan finalnya.

"Kita tunggu keputusan final saja, nanti kita bicarakan maunya gimana, apalagi sekarang  kawan-kawan di lingkungan pemprov sedang rapat," paparnya.

Ridwan Djamaluddin juga meyakinkan jika pihak Pemprov Kepulauan Babel dan Pemkab Belitung saat ini sudah siap menjadi tuan rumah G20 di Belitung dan sudah melakukan berbagai persiapan untuk itu.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan G20 di negeri laskar pelangi ini," tandasnya. (**)