Ticker

6/recent/ticker-posts

CUACA BURUK, PESAWAT LION AIR JT-120 SEMPAT RETURN TO BASE

.                     Gambar ilustrasi.

 

Belitung|Satamexpose.com – Akibat cuaca buruk, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT-120 rute Jakarta - Tanjungpandan yamg membawa 183 penumpang, siang tadi gagal mendarat di Bandara Internasional H. AS Hanandjoeddin, Kabupaten Belitung, Sabtu(23/7).

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional H. AS Hananjoeddin Belitung, Khaerul Assidiqi mengatakan pesawat Lion Air berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin pada pukul 14.15 WIB.

"Benar, siang tadi pesawat Lion Air JT-120 gagal mendarat dikarenakan cuaca buruk dan sebelumnya sempat holding (berputar diatas bandara menunggu untuk landing, red
) beberapa kali," ujarnya.

Menurutnya, setelah melakukan holding lebih kurang satu jam dan curah hujan yang tinggi yang menyebabkan jarak pandang di landasan pacu sangat rendah, pilot memutuskan untuk return to base (RTB) atau kembali ke bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Keputusan RTB diambil oleh pilot telah sesuai dengan standar operasional prosedur penerbangan demi keselamatan penumpang jika tidak memungkinkan untuk mendarat," jelasnya.

Setelah kondisi cuaca membaik, pesawat kembali diberangkatkan dari bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 17.15 WIB dan tiba di Bandara Internasional H. AS Hanandjoeddin pada pukul 18.15 WIB.(sis)