Ticker

6/recent/ticker-posts

ASTAGA! RATUSAN PENGHUNI PESANTREN POSITIF RAPID ANTIGEN, BERAWAL DARI 4 ORANG DEMAM

Ilustrasi rapid antigen. Net

SUNGAILIAT, SATAMEXPOSE.COM – Sebanyak 126 penghuni salah satu pesantren di Sungailiat, Bangka terkonfirmasi positif tes antigen. Penghuni pesantren ini terdiri dari santri, ustaz hingga pegawai dapur.


Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra memaparkan, hal ini bermula saat empat orang penghuni pesantren tersebut mengalami demam serta hilang indra penciumannya.


“Lalu mereka diambil rapid antigen pada Selasa malam. Hasilnya dua orang dinyatakan positif. Malam itu juga dilakukan tracking dua orang terdekat, satu orang positif antigen,” papar Boy Yandra.


Usai tiga orang dinyatakan positif tes antigen, ketua yayasan pesantren tersebut mengambil tindakan untuk merapid semua penghuni pesantren yang berjumlah 329 orang.


“Malam itu juga rapid antigen sampai pagi, hasilnya mengejutkan. Yang positif 126 orang,” tambah Boy Yandra.


BPBD Bangka baru mengetahui kabar tersebut pada Sabtu (13/2/2021) sore setelah mendapatkan informasi dari Kepala Puskesmas Sinar Baru. Semua santriawan bakal menjalani swab oleh tim Dinkes Bangka dan Puskesmas Sinar Baru.


“Upaya yang dilakukan oleh tim Medika dan yayasan pesantren mengkarantina penghuni menjadi empat blok. Blok gejala berat, blok setengah bergejala, blok OTG dan blok sehat,” jelas Boy Yandra. (kbc/als)