Ticker

6/recent/ticker-posts

BUMDes MAJU BERSAMA BERHASIL SULAP LAHAN EKS TAMBANG JADI PERKEBUNAN ANGGUR

Gambar : Kerjasama BUMDes Maju Bersama dengan PT Timah Tbk sulap lahan eks tambang menjadi perkebunan buah anggur.

Belitung Timur | Satam Expose.com – PT Timah Tbk bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama, Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur,  sulap lahan lahan bekas tambang besar primer Batu Besi menjadi lahan perkebunan anggur serta buah-buahan lainnya, Jum'at(13/5).. 

Direktur BumDes Maju Bersama,  Nurdin mengatakan saat ini ada puluhan batang tanaman anggur  yang sedang mereka kembangkan. 

"Ada sekitar puluhan batang anggur hijau, dan sebelumnya itu ada anggur merah juga," ujarnya.

Menurutnya, tidak ada perlakuan khusus untuk pengembangan tanaman anggur, hanya saja pemupukan dan penyiraman perlu diperhatikan. 

Untuk bibit, mereka datangkan dari Lampung, karena sebelumnya mereka juga membeli bibit buah-buahan itu secara bersamaan.

" Sudah berbuah, soal  rasanya belum terlalu manis, mungkin karena belum terlalu tua, jadi kita tunggu saja nanti," tuturnya.

Pihaknya berencana mengembangkan penanaman anggur lebih luas lagi jika rasa anggur ini sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pasar nantinya.

Selain anggur, pihak BUMDes Maju Bersama juga sedang menggarap potensi perkebunan semangka yang dinilai terus membuahkan hasil. 

“Saat ini dampak dari hasil pengolaan lahan bekas tambang  sudah sangat berdampak kepada masyarakat, dimana masyarakat bisa langsung mendapatkan buah-buahan segar, sehingga harga bisa lebih murah dan membantu ekonomi masyarakat,” tandas Nurdin. (rls)