Ticker

6/recent/ticker-posts

PENANGKARAN RUSA SAMBAR DI DAMAR KEHADIRAN SATU PENGHUNI BARU

Gambar : Anak rusa sambar yang berusia tiga hari   di  Penangkaran Tambang Besar Primer Batu Besi Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Belitung Timur | Satam Expose.com – Populasi rusa sambar di Penangkaran Tambang Besar Primer Batu Besi Damar, Kabupaten Belitung Timur yang dikelola oleh PT Timah Tbk dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukamandi Sejahtera Bersama dikabarkan bertambah dengan lahirnya bayi rusa pada Selasa(12/4) lalu.

Dari sepuluh indukan hewan rusa sambar yang berada di penangkaran tersebut sejak 1 Maret 2022 lalu, satu diantaranya telah melahirkan dan satu lagi saat ini dikabarkan sedang mengandung.

Direktur BUMDes Sukamandi Sejahtera Bersama Desa Sukamandi Kecamatan Damar Tamzir mengatakan dengan kelahiran rusa itu merupakan suatu kemajuan, dimana sebelumnya sudah diprediksi ada dua rusa akan melahirkan dalam waktu dekat.

"Rusa itu melahirkan secara alami, tanpa bantuan dokter hewan ataupun petugas," ujar Tamzir, Jum'at(15/4).

Menurutnya, saat ini pihaknysedang berusaha meningkatkan jumlah populasi hewan yang dilindungi tersebut dan berharap berharap PT Timah Tbk selalu mensuport dalam pemeliharan rusa konservasi itu.

Anak rusa yang baru dilahirkan itu, rencananya akan dikarantina bersama induknya guna menjaga gangguan alam lainnya.

Terkait pakan menurutnya saat ini masih mudah didapatkan, namun dengan bertambahnya populasi rusa, kedepannya diperlukan kendaaran roda tiga untu mengangkut pakan rusa.

Saat ini Penangkaran rusa Sambar itu belum terbuka untuk umum, sehingga mereka masih berkoordinasi dengan pihak terkait. Akan tetapi untuk sekadar edukasi seperti dari sekolah itu dibolehkan.

" Kalau ada yang ingin melihat keberadaan Rusa Sambar itu, dengan catatan memberi tahu terlebih dahulu untuk kepentingan edukasi itu tidak masalah," tandasnya. (rls)