Ticker

6/recent/ticker-posts

SIAGA BANJIR ROB, BPBD DAN WARGA BANGUN TALUD SEMENTARA

Gambar : BPBD Kabupaten Belitung dan warga laksanakan pembangunan talud sementara dengan menggunakan karung plastik yang diisi pasir.


 Belitung|Satamexpose.com Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, catat sebanyak 94 rumah warga terendam banjir rob.

Kepala Pelaksana BPBD Belitung, Hendri Suzanto mengatakan banjir rob landa tiga Kecamatan yakni Tanjungpandan sebanyak 49 rumah, Sijuk 12 rumah dan Selat Nasik 33 rumah, dengan ketigian antara 30 hingga 50 centimeter.

“Banjir merendam kediaman warga terutama yang berada di kawasan pesisir dikarenakan faktor cuaca buruk seperti angin kencang dan air laut pasang,” ujarnya, Rabu(8/12). 

Berdasarkan data yang dirilis oleh BMKG ketinggian pasang air laut di Kabupaten Belitung mencapai 1,92 meter sehingga berpotensi menyebabkan rob susulan mengingat kondisi angin masih bertiup kencang. 

Menurutnya kondisi tersebut akan diperparah jika turun hujan dengan intensitas tinggi, untuk itu pihaknya dibantu warga juga sudah membangun talud penahan gelombang menggunakan pasir yang dimasukkan ke dalam karung guna mengantisipasi hempasan gelombang. 

"Kami susun secara bertingkat di pesisir sebagai talud pembatas dan penahan hempasan gelombang agar tidak masuk ke pemukiman warga," tandasnya. (rus)