Ticker

6/recent/ticker-posts

TARGETKAN PAD 2022 SEBESAR 132 MILIAR, SANEM SEBUT PEMULIHAN EKONOMI MELALUI POTENSI UNGGULAN DAERAH

Gambar : Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos.


Belitung |Satamexpose.com – Dalam rapat paripurna VI masa persidangan I DPRD Belitung tentang penyampaian RAPBD Kabupaten Belitung Tahun 2022 yang digelar pada Senin (8/11) kemarin, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengatakan Pemerintah Kabupaten Belitung memproyeksikan pendapatan daerah dalam struktur Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp. 958 miliar. 

"Dengan memperhatikan capaian target pendapatan sampai dengan Triwulan III tahun 2021 dan mempedomani kebijakan pendapatan dari pemerintah pusat maka kami tetapkan sebesar Rp. 958 miliar," paparnya. 

Dalam rancangan APBD Tahun 2022 Pendapatan Asli Daerah (PAD) diproyeksikan sebesar Rp.132 miliar terdiri dari pajak daerah sebesar Rp. 74 miliar, retribusi daerah Rp. 8,6 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah dipisahkan sebesar Rp. 4 miliar dan lain-lain PAD yang sah. 

Sedangkan pendapatan transfer pada rancangan APBD tahun 2022 diproyeksikan sebesar Rp. 814 miliar terdiri dari pendapatan transfer pemerintah pusat Rp. 759 miliar antara terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Desa (DD) dan Dana Insentif Daerah (DID).

"Dalam RAPBD tahun 2022 Kabupaten Belitung menerima DID sebesar Rp. 5,7 miliar sebagai apresiasi atas pencapaian Laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ujarnya. 

Sementara untuk target pendapatan daerah yang bersumber dari lain-lain pendapatan daerah yang sah pada rancangan APBD 2022 diproyeksikan sebesar Rp. 11 miliar terdiri berasal dari Pendapatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional. 

Ia menambahkan, adapun komponen target pendapatan lainnya adalah pendapatan transfer antar daerah pada tahun 2022 diproyeksikan sebesar Rp. 54 miliar meliputi pendapatan bagi hasil pajak dan bantuan keuangan dari Provinsi.

"Tema pembangunan Kabupaten Belitung tahun 2022 adalah pemulihan ekonomi melalui potensi unggulan daerah," tandasnya.  (rus)