Ticker

6/recent/ticker-posts

RIDWANTO SEBUT BELITUNG SEDANG MASUKI PERALIHAN MUSIM

Gambar : Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Kelas III H. AS Hanandjoeddin, Ridwanto.


Belitung |Satamexpose.com Stasiun Meteorologi Kelas III H. AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Kabupaten Belitung ingatkan masyarakat untuk waspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Kelas III H. AS Hanandjoeddin, Ridwanto mengatakan kondisi peralihan musim seperti sekarang ini berpotensi menimbulkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir dan pasang air laut.

"Karena Pulau Belitung saat ini sedang memasuki masa transisi atau peralihan musim dari kemarau ke penghujan, kondisi ini akan terjadi hingga Desember dan puncak musim penghujan diperkirakan terjadi pada Januari mendatang," ujarnya.

Tingginya intensintas hujan dalam beberapa terakhir menurutnya karena banyak ditemukan pertumbuhan awan konvektif yang terjadi karena pembentukan siklon di laut Hindia serta pembelokan arah angin tepat di utara Pulau Belitung yang mengarah ke Filipina

Pembentukan awan konvektif atau hujan di wilayah itu biasanya terjadi pada siang dan sore hari sehingga menyebabkan terjadinya hujan pada waktu tersebut.

"Sedangkan curah hujan yang turun rata-rata ringan dan sedang dan lebat namun durasinya tidak lama dan petir," tandas Ridwanto. (sis)