Ticker

6/recent/ticker-posts

PENGAIT BENDERA PUTUS, PELATIH PANJAT TIANG BENDERA

Gambar : Aksi heroik Serka Ananto ketika panjat tiang bendera
untuk mengikat bendera pada pengait tali yg patah (17/8).

Pangkalpinang | Satam Expose.com – Upacara pengibaran bendera merah putih pada HUT ke-76 RI di Kantor Gubernur Babel sempat hining sejenak, Selasa (17/8) pagi.

Pasalnya besi pengait Bendera Merah Putih patah saat Paskibraka hendak mengibarkannya, beruntung sang merah putih tidak menyentuh tanah karena secara sigap ditangkap oleh M. Nauval Abyzar sebagai pengibar bendera.

Melihat insiden tersebut, pelatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sersan Kepala (Serka) Ananto berlari ke tengah lapangan upacara, menaiki tiang  bendera saat Insiden bendera terlepas dari tali.

Meski insiden ini sempat menghentikan sejenak upacara, namun upacara peringatan HUT ke-76 RI yang diinspekturi Gubernur Babel Erzaldi Rosman kembali berjalan secara khidmat.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, kejadian tersebut merupakan bentuk ketidaktelitian saja, namun dia mengapresiasi semua perjuangan yang telah dilakukan pelatih dan Paskibraka.

"Yang penting bagi kita semua bendera sampai ke atas dan itu perjuangan," ujarnya.

Dengan kejadian tersebut, Erzaldi tidak menyalahkan siapapun, malah dia akan memberikan pengharagaan terhadap mereka yang telah berjuang menyelamatkan bendera merah putih agar tetap berkibar.

"Saya akan mengapresiasikan tiga orang yang menyelamatkan proses tersebut sehingga bisa lancar sampai ke atas dan inisiatif seperti itu tidak gampang perlu keputusan dan mental," kata Erzaldi.

Bertindak selaku komandan upacara Letkol .CHK Ardiansyah, sedangkan pembawa baki bendera yakni Dinda, siswi SMAN 1 Namang, pengibar bendera Mohammad Naufal Abyzar dari SMAN 1 Pangkalpinang, pengerek bendera Daffa Izza Muhammad dari SMAN 1 Pangkalpinang, jangkar bendera Rian Anarki dari MA Al-Hidayah Toboali.

Hadir dalam upacara ini Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto serta jajaran Forkopimda Babel, para veteran, tokoh masyarakat, pemuda, agama, perwakilan BUMN dan undangan lainnya. (**)