Ticker

6/recent/ticker-posts

LIMA PASIEN DI BELITUNG TERPAPAR COVID-19 VARIAN DELTA

 

Gambar ilustrasi.

Belitung | Satam Expose.com – Berdasarkan rilis RSUD dr. H. Marsidi Judono diketahui sebanyak lima dari enam sample swab nasofaring pasien positif Covid-19 yang dilakukan pemeriksaan squen genom virus Covid-19 disalah satu jejaring laboratorium Geonomik Solideritas Indonesia (GSI) yang beralamat di Jalan RA. Kartini kav.34   Cilandak Barat, Jakata Selatan positif terpapar virus Covid-19 varian delta.

"Dari enam sample swab nasofaring pasien positif Covid-19 yang kami kirim pada tanggal Agustus 2021, lima diantaranya positif varian delta," ujar Direktur RSUD Marsidi Judono dr Hendra SpAn melalui siaran rilis RSUD pada Selasa (17/8).

Adapun kelima pasien tersebut, pertama, Ny. TNY(32) warga Air Merbau yang bekerja sebagai PNS di RSMJ dan saat ini sudah dinyatakan sembuh.

Kedua, TN. SYN(45) warga Air Ketekok, seorang wiraswasta. Saat ini sedang dirawat di Ruang Isolasi A RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ke-29 dengan kondisi sudah membaik dan sempat dilakukan pemasangan ventilator mekanik selama 14 hari. 

Ketiga, Bayi laki-laki dengan inisial  ALZ berusia dua bulan beralamat di Jalan Tanjung Kelayang Desa Terong, Kecamatan Sijuk, sempat dirawat di ruangan isolasi D RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung dan telah meninggal dunia pada tanggal 15 Juli 2021 lalu.

Keempat,  Ny. NAI (44), ibu rumah tangga warga Kelurahan Paal Satu sempat dirawat di ruangan isolasi A RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung dan telah meninggal dunia pada tanggal 20 Juli 2021 lalu.

Kelima, Tn. MRL (39) seorang buruh warga Air Saga, sempat dirawat di ruangan isolasi A RSUD dr. H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dan telah meninggal dunia pada tanggal 22 Juli 2021 lalu.

Menurut dr. Hendra keenam sample yang dikirim bukanlah hasil pemeriksaan PCR, namun memang keenamnya sudah positif Covid-19.

Adapun sample yang dikirim untuk diperiksa diantaranya pasien positif dengan kondisi berat, pasien yang sudah lama dilakukan perawatan, pasien usia dibawah 17 tahun dan pasien terpapar Covid-19 yang sudah divaksin.

“Kami diminta Kemenkes mengirim sample untuk mendeteksi varian delta apakah sudah masuk Belitung,” ujarnya.

Meskipun demikian, dirinya meminta masyarakat tidak khawatir dengan kabar tersebut mengingat angka penyebaran Covid-19 di Belitung sudah menurun semenjak beberapa waktu lalu namun tetap tidak boleh menganggap remeh Covid-19. (rus)