Ticker

6/recent/ticker-posts

DANLANUD RESMIKAN POSYANDU RAJAWALI, JUGA MELAYANI MASYARAKAT UMUM

Danlanud H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan
Letkol Nav Rudy Hartono didampingi istri dan
Wabup Belitung Isyak Meirobie membuka
tirai Posyandu Rajawali. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Komandan Pangkalan TNI AU H AS Hanandjoeddin Letkol Nav Rudy Hartono meresmikan Posyandu Rawajali Lanud H AS Hanandjoeddin, Selasa (9/3/2021) pagi.


Peresmian posyandu yang berlokasi di Komplek Perumahan Garuda TNI AU, Jalan Gaparman, Kelurahan Lesung Batang ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan plang nama oleh Letkol Nav Rudy Hartono.


Acara ini dihadiri Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 11/D.I Lanud H AS Hanandjoeddin Ny Ingrid Rudy Hartono, Sekretaris Camat Tanjungpandan Zaindera Jaya dan tamu undangan lainnya.


Dalam sambutannya, Letkol Nav Rudy Hartono menyampaikan penghargaan dan menyambut positif kehadiran Posyandu Rawajali tersebut. Menurutnya, sarana seperti posyandu ini memang sangat diperlukan. Terutama untuk kesehatan ibu dan anak.


"Karena itu saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak. Terkhusus untuk Pemkab Belitung. Sebab kontribusi Pemkab Belitung melalui Dinas Kesahatan maupun Pukesmas Tanjungpandan sangat maksimal. Sehingga membantu kami dalam mendirikan posyandu ini," kata Letkol Nav Rudy Hartono.


Sementara itu Ny Ingrid Rudy Hartono mengatakan, ide awal pembangunan posyandu ini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. Khususnya bagi warga Lanud H AS Hanandjoeddin.


Namun seiring waktu Posyandu Rawajali Lanud H AS Hanandjoeddin juga melayani masyarakat umum. Sebab dalam beberapa kesempatan terdapat warga sekitar yang hendak mengecek kesehatannya.


"Kami bersyukur, sebab respon masyarakat terhadap posyandu ini sangat bagus. Hal tersebut terlihat tingginya animo masyarakat ketika kita melaksanakan trail opening Bulan Februari kemarin. Sehingga, jumlah pasien tetap kita saat ini sudah mencapai 50 orang yang terdata," ujar Ny Ingrid Rudy Hartono.


Ia menambahkan Posyandu Rawajali Lanud H AS Hanandjoeddin akan berkomitmen memberikan pelayanan rutin kepada masyarakat setiap satu minggu. Walaupun secara umumnya posyandu hanya melayani satu kali dalam sebulan.


"Sebab kami telah menyiapkan berbagai program untuk mereka. Diantarannya penyuluhan gizi untuk ibu dan anak, penimbangan dan pengukuran tinggi pada bayi, imunisasi serta pemberian vitamin A," kata Ny Ingrid Rudy Hartono.


Ia berharap, kegiatan posyandu ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terkhusus kepada warga Lanud H AS Hanandjoeddin. Sebab, hadirnya posyandu tak hanya memantau kesehatan ibu dan anak, tetapi juga mengedukasi.


"Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang, edukasi tentang kesehatan harus ditanamkan dari sejak dini. Sehingga tercipta generasi yang lebih sehat," pungkasnya.


Sementara itu Isyak Meirobie memberikan apresiasi kepada Lanud H AS Hanandjoeddin karena telah mengaktifkan kembali peran posyandu sebagai pelayanan kesehatan diera pandemi ini. Sehingga bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).


"Langkah pembangunan posyandu oleh Lanud H AS Hanandjoeddin merupakan langkah yang sangat tepat. Sebab di posyandu ini kita bisa membangun generasi yang kuat, tumbuh kembang yang bagus, otak yang cerdas dan jiwa yang berkarakter," kata Isyak Meirobie. (fat)