Ticker

6/recent/ticker-posts

WUJUDKAN BELITUNG SEBAGAI SMART ISLAND, BUPATI LAUNCHING EMPAT APLIKASI DESA DIGITAL

Bupati Belitung Sahani Saleh dan para pejabat
saat launching 4 aplikasi Desa Digital.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) meresmikan empat aplikasi Desa Digital untuk mendukung pelayanan dan administrasi desa di Gedung Serbaguna (GSG), Selasa (2/2/2021).


Empat aplikasi tersebut yakni Domain Desa, Transaksi Non Tunai, Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sipmas. Peluncuran empat aplikasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan di desa.


Sanem menyebutkan, dengan adanya empat aplikasi ini pemerintah desa mampu mendata kondisi masyarakat dengan baik, serta membuat program yang tepat sasaran.


"Jadi nanti mudah untuk melakukan pendataan pada masyarakat," kata Sanem, Selasa (2/2/2021).


Sanem menuturkan, cita-cita Belitung menjadi smart island harus berangkat dari desa. Oleh karena itu desa memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan secara pintar guna menuju cita-cita smart island yang menyeluruh.


Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Suksesyadi menambahkan, aplikasi Sipmas ini diluncurkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat di desa.


"Dengan aplikasi Sipmas, masyarakat mengurus dokumen di kantor desa tidak perlu membawa banyak berkas lagi," kata Suksesyadi.


Selain aplikasi Sipmas, ada aplikasi Siskeudes yang juga diluncurkan pada kegiatan yang sama. "Aplikasi Siskeudes ini memudahkan pemerintah desa dalam melakukan pengadministrasian keuangan," ujar Suksesyadi.(*/fat)