Ticker

6/recent/ticker-posts

KKP BERENCANA BANGUN PELABUHAN PERIKANAN TERPADU DI BELITUNG, BUTUH LAHAN SELUAS 20 HEKTAR

Pertemuan Bupati Belitung Sahani Saleh dengan
Direktur PPN Ditjen Perikanan Tangkap KKP
Frist Penehas di Kantor PPN Tanjungpandan.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia berencana membangun pelabuhan perikanan terpadu di Kabupaten Belitung.


Direktur Pelabuhan Perikanan (PPN) Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Frist Penehas Lessnussa mengatakan pengembangan pelabuhan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi perikanan di Belitung.


"Berkaitan dengan pengembangan pelabuhan ke depan memang ada rencana untuk mengembangkan pelabuhan terintegrasi," kata Frist Penehas Lessnussa saat mengunjungi Belitung, Jumat (12/2/2021).


Frist Penehas Lessnussa memaparkan, konsep pembangunan dan pengembangan pelabuhan perikanan terpadu atau terintegrasi tersebut akan melibatkan banyak unsur seperti kelautan, pertanian, dan pariwisata (mina, agro dan tourism).


Selain itu, lanjutnya, guna mendukung rencana tersebut maka dibutuhkan perluasan lahan pelabuhan dikarenakan kondisi lahan pelabuhan perikanan yang tersedia saat ini luasnya terbatas.


"Kalau sekarang ini lahan pelabuhan sudah habis terpakai lahannya hanya 4,93 hektar. Kalau persyaratan mengembangkan menjadi Pelabuhan Perikanan Samudera maka harus sekitar 20 hektare," sebut Frist Penehas Lessnussa.


Frist Penehas Lessnussa berharap, pemda dapat mendukung upaya pengembangan tersebut dengan menyiapkan areal lahan yang diperuntukan bagi pembangunan pelabuhan.


"Tadi Pak Bupati sudah bilang lahannya akan dipersiapkan dan sudah ada. Jadi jarak antara pelabuhan dan pengembangan baru sekitar 1 kilometer, untuk itu kami akan integrasikan nanti," ujar Frist Penehas Lessnussa.


Sementar itu Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) berkomitmen mempersiapkan lahan untuk pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan dengan melibatkan berbagai instansi terkait.


Lahan tersebut, kata Sanem, merupakan modal utama Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pengembangan PPN menjadi pelabuhan samudera. Terwujudnya pelabuhan ini, harus berada diatas lahan 20 hektar.


"Ya kalau mematok lahan ini mudah, tapi urusan lainnya nanti sulit. Tapi kami tetap komitmen bisa meluaskan lahan yang sudah ada sekarang. Target kami mudah-mudahan tahun ini, karena masuk dalam proyek strategi nasional, ini akan dimaksimalkan," kata Sanem. (fat)