Ticker

6/recent/ticker-posts

PELAKU PENCURI PONSEL TEWAS TERTEMBAK SAAT PENANGKAPAN, POLISI SEBUT PELAKU SEMPAT ACUNGKAN PARANG

Jajaran Polres Bangka tunjukkan parang yang dibawa
terduga pelaku saat penangkapan. KBC

SUNGAILIAT, SATAMEXPOSE.COM – Terduga pelaku pencurian dengan pemberatan tewas tertembak dalam penangkapan di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Senin (11/1/2021).


Hal tersebut dikatakan Wakapolres Bangka Kompol Faisal Fatsey dalam jumpa pers menguak misteri kematian Regal yang ditemukan proyektil peluru dalam tubuhnya, Selasa (12/1/2021) malam.


Kompol Faisal yang didampingi Kabag Ops Kompol Teguh Setiawan dan Kasat Reskrim Polres Bangka AKP Dedi Setiawan menjelaskan, pengungkapan kasus curat tersebut berawal dari laporan korban Fika.


Korban melaporkan kehilangan satu unit ponsel di dalam rumah kontrakannya pada Desember 2020 lalu. Atas laporan tersebut, anggota Satreskrim melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa pelaku Regal berada di sebuah rumah kontrakan, Senin (11/1/2021).


Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka lalu menuju ke lokasi guna melakukan penyelidikan. Saat berada di kontrakan yang dimaksud, polisi lalu melakukan penggeledahan dan mendapati 2 orang yang sedang berada di dalam kontrakan.


Satu orang laki laki atas nama Erik dan satu orang perempuan atas nama Bunga. Salah satunya menyebutkan Regal melarikan diri melalui pintu belakang rumah.


“Setelah itu, kita lakukan introgasi dan Erik dan Bunga menyampaikan kepada petugas jika Regal lari lewat pintu belakang rumah,” kata Kompol Faisal Fatsey.


Anggota polisi langsung melakukan penyisiran di sekitar lokasi dan berhasil menemukan pelaku yang sedang bersembunyi di sekitar semak-semak yang ada di sekitar kontrakan.


“Saat kepergok petugas, pelaku berusaha melarikan diri sembari membawa sebilah parang,” tambah Kompol Faisal.


Melihat pelaku berusaha melarikan diri, polisi langsung melepaskan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali, namun tak digubris oleh pelaku. Bahkan pelaku sempat mengacungkan parang yang dibawanya ke arah polisi.


“Saat petugas hendak melepaskan tembakan keempat dengan membidik kaki pelaku, pelaku berlari sembari mengacungkan sebilah parang ke arah petugas menabrak batang lengkeng dan terjatuh ke tanah sehingga tembakan yang dilepaskan mengenai bagian pinggang pelaku,” papar Kompol Faisal.


Setelah berhasil dilumpuhkan, polisi membawa pelaku ke RS Medika Sungailiat guna mendapati perawatan medis. Namun sekitar pukul 14.40 WIB, dokter yang menangani pelaku menyampaikan pelaku sudah meninggal.


Selain pencurian, lanjut Kompol Faisal, pelaku juga pernah terlibat tindak pidana lainnya yakni tindak pidana penganiayaan serta kasus penyalahgunaan narkotika.


“Pelaku ini residivis. Jadi waktu itu, pelaku pernah ditangkap oleh Satnarkoba dan kala itu pelaku terbukti mengkonsumsi narkotika jenis sabu setelah tes urine yang dilakukan petugas kepada Regal hasilnya positif,” tambah Kompol Faisal.


Hasil kejahatan yang dilakukan pelaku diduga digunakan untuk membeli narkotika jenis sabu. Informasi tersebut didapat dari hasil introgasi kepada dua teman pelaku.


Atas keterangan dua saksi tersebut, polisi juga melakukan tes urine terhadap dua orang saksi tersebut dan didapati keduanya positif mengkonsumsi narkotika jenis sabu.


Terkait penanganan kasus ini, kata Kompol Faisal, pihaknya sudah menjelaskan kepada keluarga pelaku atas meninggalnya pelaku saat dilakukan penangkapan.


Pihak kepolisian juga turut melakukan pendampingan saat prosesi pemakaman jenazah pelaku yang dilakukan di perkuburan Sri Menanti Sungailiat. (kbc/als)