Ticker

6/recent/ticker-posts

KETUA LEMBAGA ADAT MELAYU SOROTI ILLEGAL MINING, TERKESAN DIBIARKAN BEGITU SAJA

Suasana kegiatan coffee morning di Rumah Adat Belitong.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung H Abdul Hadi Adjin terlihat emosi saat menyampaikan unek-uneknya terkait illegal mining yang terjadi.


Nada penyampaiannya meninggi dalam acara coffee morning yang digelar Pemkab Belitung di Rumah Adat, Rabu (6/1/2021) pagi.


Dia mengatakan, sekarang ini lembaga adat tidak hanya mengembangkan adat istiadat saja, namun juga sebagai mitra pemda dalam mengawasi lingkungan hidup.


Pengawasan tersebut mengenai masih banyak masalah tambang ilegal yang tidak digubris. Oleh sebab itu ia meminta kepada pihak kepolisian, Jaksa, Dandim dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk tidak takut bertindak.


"Masalah illegal mining kenapa tidak digubris–gubris, tolong itu diawasi apapun yang terjadi," pinta Abdul Hadi Adjin.


Mantan Sekda Bangka Tengah ini menilai, risiko sebagai daerah pertambangan yakni adanya illegal mining. Namun harus ada cara mengendalikan permasalahan tersebut.


Bila tambang ilegal dibiarkan begitu saja, Abdul Hadi Adjin khawatir kerusakan lingkungan akan semakin parah. Selain itu juga ia memikirkan nasib anak cucu dan generasi penerus kedepannya.


"Kita ini akan menjadi Kasawan Geopark tapi masih rusak kawasan lingkungan hidup kita. Tolong itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup diaudit,” pinta Abdul Hadi Adjin lagi.


Dia juga meminta Pemda Belitung lebih aktif melakukan pengawasan tambang ilegal. LAM juga akan ikut bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk mengawasinya.


"Kita mulai bersama-sama, lembaga akan didepan, jangan takut. NKRI harus kita bangun dengan benar, jangan sampai kacau balau," ajak Abdul Hadi. (fat)