Ticker

6/recent/ticker-posts

CHEF MELLIE MERASA GAGAH DI DEPAN API, AWAL KARIR DARI STEWARD HINGGA PASTRY

Chef Mellie. Facebook/@Mellie Ken

MELIANTY tak pernah membayangkan dirinya berprofesi menjadi chef (koki). Wanita yang akrab disapa Mellie ini juga tak pernah mempunyai cita-cita sebagai chef.


Bahkan saat beranjak remaja, wanita kelahiran Sungailiat, Bangka 44 tahun lalu ini memilih jurusan Akutansi dalam melanjutkan studinya. Namun kini pemilik tinggi badan 162 senti meter ini sangat menikmati profesinya di Novilla Boutique Resort.


Awalnya alumni SMA YPBD Belinyu ini menjalani tugasnya sebagai ibu rumah tangga saat tinggal di Jakarta. Namun setelah pindah ke Sungailiat dan menjalani hidup sebagai single parent, Mellie harus mencari nafkah untuk menghidupi 4 anaknya.


Saat itulah kehidupan wanita tomboy ini mulai berubah dan jalan menuju profesi yang digelutinya sekarang terbentuk. Sempat beberapa kali berpindah kerja, pemilik zodiak Leo ini akhirnya melamar kerja di Novilla Boutique Resort.


Bukan sebagai chef, Mellie bekerja sebagai steward (pelayan) di hotel tersebut. Meski tak memiliki basic tata boga, Mellie mendapat kesempatan bekerja di bagian pastry (kue-kue) di hotel tersebut.


Sebelum akhirnya berprofesi sebagai chef, Mellie banyak belajar dari chef senior di tempatnya bekerja. Hingga akhirnya ia banyak menguasai menu masakan lokal maupun mancanegara.


“Awal mula coba-coba melamar di hotel. Waktu itu diterima sebagai steward tahun 2010. Lalu mencoba ke pastry dan akhirnya terjun ke hot kitchen,” sebut Melly kepada SatamExpose.com.


Perjuangan Mellie untuk menjadi chef tak cukup sampai disitu. Setelah banyak belajar dari para senior dan merasa menguasai hot kitchen, Mellie mendapat tugas untuk mengikuti uji kompetensi dari tempat kerjanya sehingga mendapat sertifikat.


Mellie kini sangat menikmati profesinya sebagai chef di hotel bintang tiga tersebut. Terlebih menurutnya perempuan yang berprofesi chef lebih sedikit ketimbang pria. Sehingga ia selalu tertantang dengan profesi ini.


“Gak kepikiran tuh awalnya bisa jadi chef, tapi setelah digeluti lama-lama asyik dan sangat-sangat menantang berasa gagah di depan api,” ujar Mellie sambil tersenyum.


Chef Mellie. Facebook/@Mellie Ken

Pemilik cita-cita menjadi tour guide ini mengaku masakan khas Bangka lempah ikan sebagai masakan favoritnya. Padahal ia dari kecil tak menyukai masakan tersebut. Sebagai chef asli Bangka, ia mengaku memiliki tanggung jawab untuk mempopulerkan masakan daerah.


Selama menjadi chef, wanita kelahiran Agustus 1976 ini mengaku menjadi juri lomba masak sebagai pengalaman yang paling menyenangkan. Ia juga tak sungkan untuk berbagi ilmu memasak dengan siapapun. (als)


Chef Mellie. Facebook/@Mellie Ken