Ticker

6/recent/ticker-posts

PANTAI TANJUNG ULAR, EKSOTISME TERSEMBUNYI PESISIR BARAT BELITUNG

Seorang pengunjung menikmati ketenangan di
Pantai Tanjung Ular, Pegantungan.
SatamExpose.com/rdb

BELITUNG sangat dikenal memiliki pantai yang indah. Butiran pasir putih halus, gugusan batu granit berukuran raksasa hingga kejernihan air lautnya menjadi penarik wisatawan.


Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang di Kecamatan Sijuk menjadi pantai paling dikenal hingga ke mancanegara. Namun, pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sejatinya memiliki banyak pantai eksotis.


Salah satunya yakni Pantai Tanjung Ular di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau. Belum banyak yang mengetahui keindahan pantai di sisi barat Pulau Belitung ini.


Namun pantai ini banyak dikenal kalangan pemancing bebulus, jenis ikan laut beukuran kecil yang hidup di sekitar pantai. Topografi pantai yang landai menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit memancing bebulus.


Keindahan pantai ini tak kalah dengan Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang yang sudah sangat terkenal. Garis pantai dengan pasir putihnya memanjang hingga belasan kilometer.


Pantai yang landai membuat gelombang cukup tenang, ditambah lagi kejernihan air lautnya menarik pengunjung untuk berenang. Cukup aman berenang di pantai ini karena airnya yang cukup tenang.


Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini harus menempuh jarah sekitar 30 kilometer. Sebelum Pelabuhan Tanjung Ru, pengunjung harus menuju ke arah pantai di sisi kanan melalui jalan tanah merah.


Bagi pengunjung yang suka menikmati ketenangan, pantai ini sangat cocok karena masih jarang pengunjung. Meski begitu, di pantai ini ada masyarakat sekitar yang membuka warung untuk melayani pengunjung.


Bahkan pemilik warung tersebut juga menyediakan sejumlah fasilitas bagi pengunjung yang ingin camping (berkemah, red) bersama teman-teman atau keluarga tercinta.


Sayangnya akses menuju kesana masih berupa tanah berpasir dan belum ada petunjuk arah. Meskipun begitu, pantai ini layak dijadikan destinasi wisata alternatif untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. (rdb)


Yuk nikmati keindahannya melalui video ini!