Ticker

6/recent/ticker-posts

MASWANDI RESMI GANTIKAN ALMARHUM H MASTOP DUDUK SEBAGAI ANGGOTA DPRD BELITUNG

Pengambilan sumpah dan janji Maswandi dalam paripurna
PAW DPRD Kabupaten Belitung. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Maswandi resmi menggantikan Almarhum H Mastop menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung, Senin (14/12/2020).


Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut dilantik dan diambil sumpahnya dalam sidang paripurna istimewa Pergantian Antar Waktu (PAW).


Diketahui sebelumnya, Almarhum H Mastop meninggal dunia pada 15 Oktober 2020 lalu saat melakukan perjalanan dinas ke Pangkalpinang. Perolehan suara Maswandi dalam Pileg 2019 lalu berada di bawah H Mastop.


Pengambilan sumpah janji PAW anggota DPRD ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori. PAW ini dilaksanakan berdasarkan SK Gubernur Babel No 188.44/958/I/2020 tanggal 8 Desember 2020.


"Jadi kegiatan hari ini adalah tentang pemberhentian Almarhum Haji Mastop, digantikan oleh Maswandi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Ansori, Senin (14/12/2020).


Ansori menuturkan sebagaimana amanah Undang-Undang, calon pergantian antar waktu (PAW) adalah calon yang ditetapkan sesuai nomor urut perolehan suara berikutnya dari daftar calon di daerah pemilihan yang sama.


"Dalam hal ini Maswandi yang diajukan dalam pergantian antar waktu oleh PDI Perjuangan sesuai dengan aturan yang ada," ujar Ansori.


Dirinya mewakili rekan-rekan di DPRD Kabupaten Belitung lainnya berharap anggota yang baru dilantik bisa segera menyesuaikan diri, terutama dalam memahami tugas dan fungsi sebagai anggota dewan.


Tujuannya agar bisa semaksimal mungkin memberikan pelayanan, serta memperjuangkan aspirasi masyarakat sebagai perwakilan rakyat.


"Kami atas nama pimpinan menyampaikan ucapan selamat kepada Saudara Maswandi yang pada hari ini telah mengucapkan sumpah janji sebagai anggota DPRD. Selamat bertugas dan berjuang untuk rakyat," ucap Ansori.


Lebih lanjut usai pengambilan sumpah PAW, foto-foto Almarhum H Mastop diperlihatkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir.


Hadir dalam rapat paripurna ini Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Wakil I DPRD Belitung Budi Prasetyo, Wakil II DPRD Belitung Hendra Pramono, serta tamu undangan lainnya. (fat)