Ticker

6/recent/ticker-posts

JUMLAH PENUMPANG DI BANDARA H AS HANANDJOEDDIN NAIK 40 PERSEN PADA NOVEMBER LALU

Pesawat AirAsia. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan mencatat adanya kenaikan signifikan jumlah penumpang pesawat pada November 2020.


Kenaikan penumpang tersebut tercatat sebanyak 40 persen dengan angka 30.305 penumpang, dibandingkan pada bulan Oktober yang hanya berjumlah 21.645 penumpang.


Peningkatan jumlah penumpang ini diikuti dengan meningkatnya jumlah pergerakan pesawat sebesar 17 persen dari 372 menjadi 438 pergerakan pesawat.


Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara H AS Hanandjoeddin Untung Basuki mengatakan, peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat merupakan salah satu bentuk kepercayaan dan ketidakraguan masyarakat terhadap transportasi udara.


Menurutnya pelayanan penerbangan terus membaik dan penegakkan protokol kesehatan yang sangat ketat di seluruh unit Bandara H AS Hanandjoeddin. Hal ini untuk melindungi publik dari bahaya penularan Covid-19.


Yakni dengan mengedepankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, serta melakukan monitoring aspek pelayanan. Diantaranya memastikan ketersediaan handsanitizer kebersihan di setiap area dan yang lainnya.


Untung Basuki memprediksi kenaikan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat akan terus berlanjut seiring dengan adanya libur natal dan tahun baru.


"Perkiraan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 23 sampai 24 dan 30 sampai 31 Desember 2020 serta arus balik pada 3 Januari 2021," kata Untung Basuki, Sabtu (12/12/2020).


Untung menyebutkan, kenaikan jumlah penumpang nantinya banyak dipengaruhi beroperasinya kembali maskapai AirAsia dengan rute ke Belitung Desember 2020 ini.


Pasalnya penerbangan domestik AirAsia yang selalu menjadi primadona lantaran harganya yang sangat menggiurkan masyarakat.


"Jadi melihat tren lalu lintas penerbangan bulan Desember ini, kami akan memulai antisipasi dan melakukan persiapan terhadap lonjakan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat dalam menghadapi libur natal dan tahun baru," ujar Untung Basuki. (fat)