Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI BELITUNG BUKA BAZAR BELITUNG CREATIVE WEEK 3, SEBANYAK 132 STAN RAMAIKAN KEGIATAN

Stan di Bazar Belitung Creative Week 3 di pantai wisata
Tanjungpendam, Minggu (6/12/2020).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) membuka secara resmi kegiatan Bazar Belitung Creative Week 2020 ke-3, Minggu (6/12/2020).


Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung di Pantai Wisata Tanjungpendam diisi sebanyak 132 stan yang meramaikan bazar yang berlangsung selama lima hari kedepan ini.


Adapun rinciannya yakni 106 stan subsektor kuliner, 6 stan kriya, 8 stan fashion, 6 stan tanaman hias, 3 stan ikan hias, 1 stan sablon, 1 stan mainan anak, dan 1 stan fotografi.


Sanem dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bazar ini sebagai bentuk pemulihan ekonomi masyarakat Belitung di tengah pandemi Covid-19 yang juga melanda Negeri Laskar Pelangi saat ini.


Selain itu, lanjutnya, bazar ini juga sebagai upaya dalam rangka mendorong perekonomian daerah, sekaligus wadah untuk membangun sinergitas antar pelaku UMKM yang di Kabupaten Belitung.


"Kita bisa lihat animo masyarakat cukup tinggi, hal ini tentunya berjalan sinkron antara pemerintah daerah dengan pelaku ekonomi dan wisata dalam memulihkan perekonomian di Belitung," kata Sanem.


Pertunjukan tari dalam pembukaan bazar.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

Sanem juga berharap semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu, supaya perekonomian masyarakat Belitung bisa bangkit dan pulih kembali.


"Tapi dalam hal ini saya tetap mengingatkan kepada masyarakat dan para pelaku UMKM agar senantiasa melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan 4M, agar terhindar dari penyebaran virus corona yang belum tau sampai kapan berakhirnya," pesan Sanem.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi berharap kegiatan ini mampu mengakomodir pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata untuk kembali bersemangat dalam menjual produk yang ada demi kemajuan perekonomian.


"Jadi sasaran yang kita harapkan dalam pemulihan ekonomi ditengah pandemi saat ini bisa berjalan dengan baik. Karena pada saat Bazar Belitung Creative Week 2020 kedua beberapa waktu lalu, terjadi transaksi kurang lebih sebesar 640 juta," kata Jasagung Hariyadi.


Jasagung Hariyadi juga menambahkan kegiatan bazar yang ketiga ini akan menampilkan pelaku-pelaku seni pertunjukan, serta kegiatan apresiasi seni pertunjukan yang menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) tahap II.


"Karena selama ini mereka (pelaku seni-red) ikut terkena dampak Covid-19. Oleh karenanya harus bisa berbagi dan memberikan manfaat kepada masyarakat Belitung," ujar Jasagung Hariyadi.


Hadir juga dalam pembukaan Bazar Belitung Creative Week 2020 ke-3 ini Sekda Belitung MZ Hendra Caya serta unsur Forkopimda Kabupaten Belitung. (ikl/fat)