Oktober 09, 2020

TENDA STAN PAMERAN DI TANJUNGPENDAM PORAK-PORANDA DITERJANG HUJAN DERAS DAN ANGIN KENCANG

Tenda stan pameran Belitong Week Creative 2020 roboh
diterjang angin kencang. SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Setidaknya 10 tenda peserta pameran Belitung Creative Week 2020 yang berada di Pantai Wisata Tanjungpendam, Tanjungpandan roboh, Kamis (8/10/2020) sekira pukul 09.49 WIB.


Robohnya stan para peserta tersebut disebabkan hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Tanjungpandan sejak pagi. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini karena pada saat kejadian tenda dalam keadaan kosong.


Pasalnya pameran yang dimulai sejak beberapa hari lalu tersebut baru kembali dibuka pada sore hingga malam hari. Namun akibat kejadian ini sejumlah peralatan peserta pameran rusak akibat tertimpa tenda.


Kepala BPBD Kabupaten Belitung Hendri Suzanto mengatakan peristiwa ini terjadi akibat telah memasuki musim penghujan dengan potensi hujan lebat dan angin kencang.


Selain itu, tingginya intensitas hujan di wilayah Bangka Belitung dalam beberapa hari terakhir disebabkan terjadinya peristiwa "La Nina" di Samudera Pasifik sehingga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di Indonesia.

 

"Jadi sesuai dengan prediksi dan ramalan cuaca dari BMKG, pekan pertama dan kedua Oktober sudah memasuki musim hujan. Sehingga curah hujan di Bangka Belitung sangat tinggi dan bisa disertai petir," kata Hendri Suzanto kepada wartawan, Kamis (8/10/2020).


Oleh sebab itu, BPBD Kabupaten Belitung mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah pesisir untuk mewaspadai potensi bencana alam seperti angin kencang dan gelombang pasang.


"Terkhusus para nelayan diimbau agar senantiasa waspada dan selalu membaca informasi cuaca sebelum turun melaut," ujar Hendri Suzanto. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.